Kamis, 31 Juli 2014

Puding Blackforest

Merayakan lebaran biasanya dengan makanan yang mengandung santan dan berlemak. Seperti ketupat, opor ayam, rendang dan sambal goreng ati. Tapi tahun ini saya tidak menyajikan itu, sebagai gantinya yang disajikan adalah lontong soto ayam komplit. Setelah masakan itu selesai, mulai deh bingung mau menyajikan apa untuk dessertnya. Puding? mousse cake? cheese cake? atau ..... wah banyak ide yang ada di kepala. Tapi karena masih menderita baking blue, hehehehe, akhirnya memutuskan buat puding saja.

Karena i'm chocolover, akhirnya buat puding blackforest, tapi yang versi sederhana saja, hahahaha, pemalasnya lagi kumat. Yang penting kan rasa coklatnya nendang dan tampilan di buat oke untuk merayakan idul fitri 1435H ini.


Resep puding blackforest :
1 bungkus Kristal agar rasa coklat
1 kaleng SKM coklat
100gr gula
1200ml air
50gr DCC (dark cooking chocolate)
1sdm coklat bubuk

Cara membuat :
  • Campurkan kristal agar, SKM, gula dan air di panci, aduk rata. 
  • Ambil 2 sendok sayur larutan agar, taruh di mangkuk terpisah dan campurkan dengan coklat bubuk
  • Larutan agar yang tersisa jerang di atas api, aduk sampai hangat, masukkan DCC
  • Setelah DCC mulai larut, dengan teknik pancing, masukkan larutan cokelat bubuk*
  • Aduk dan tunggu mendidih, matikan api, angkat
  • Tuangkan di atas pyrex atau cetakan apa pun yang sudah di basahi air
  • Tunggu sampai uap panasnya hilang, baru masukkan kulkas sampai set dan dingin
  • Hias dengan whipped cream, coklat serut, cherry atau strawberry
  • Hidangkan dingin lebih enak ^_^b

*teknik pancing : ambil larutan agar yang lagi dimasak sebanyak 2 sendok sayur, masukkan ke larutan coklat bubuk, aduk, dan kembalikan lagi larutan tersebut ke puding yang lagi dimasak. Hal itu dimaksudkan agar cokelat bubuknya tidak bergerindil ketika di masukkan ke larutan agar yang panas.


Biasanya puding ini disajikan dengan vla vanila, berhubung pemalasnya lagi kumat, hehehehe, saya buatnya pake cara cepat. Yup dengan vla vanila instan merk M*VL*....... enak juga menurut saya rasanya, dan lebih praktis. Alhamdulillah puding ini di sukai  para keponakan saya dan kakak kakak. Tapi lain kali mau buat puding blackforest komplit ah, dengan cake dan layer putihnya, itu juga kalau mood saya bagus, hehehe.

Saya buat 2 versi puding blackforest, yang 1 vlanya di satukan, yang 1 vlanya di pisah, dan semua sama enaknya...hahahaha



Tidak ada komentar:

Posting Komentar