Jumat, 06 November 2015

Grape Moussecake

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah....


Dessert ini saya buat pas bulan puasa, dan baru saya tampilkan sekarang, hehehehe. Biasa... saking malasnya ngetik dan saking banyaknya yang belum di posting, jadi campur aduk deh. Mousse cake ini saya buat karena waktu itu kangen banget ingin makan cake itu. Beli? Duh mahal, sayang duitnya, wkwkwkwk, pelit. Mending buat, jadi 1 loyang bisa buat saya sendiri #plak, hihihi.

Tapi bener lho, ini 1 loyang saya yang habisin sendiri, kok bisa? Ya bisalah, lha saya buatnya ukuran imut, diameter 16cm aja, terus cake ini pendek pake banget. Sekali hap, kurang dong, hahaha, alasan. Untuk pembuatannya juga hanya memberdayakan bahan dan stok yang ada di rumah saja. Nah, karena di rumah lagi ada stok coklat rasa anggur dan berwarna ungu, jadi saya buat grape moussecake. Untuk base cakenya saya hanya pakai biskuit oreo yang di hancurkan dan di campur susu kental manis..... Yuk ini resepnya.....

Grape Moussecake

Bahan crust
1 pak oreo (yang 37gr) rasa apa aja, buang tengahnya, hancurkan biskuitnya
1 sachet susu kental manis rasa coklat

Cara membuat
Siapkan plastik mika ukuran tebal, bentuk lingkaran diameter 16cm, selotip bagian tepinya, taruh plastik mika di atas piring
Campur semua bahan crust, aduk rata, dan ratakan di plastik mika sebagai dasar cake

Bahan moussecake
60ml susu cair
1sdt gelatin bubuk
2sdm air
90gr coklat rasa anggur, cincang
50gr whipped cream bubuk + 100ml air dingin

Cara membuat
Larutkan gelatin dengan air, aduk rata, diamkan sampai membentuk gel, sisihkan
Panaskan susu dengan api kecil, cukup sampai pinggirnya terlihat  mendidih, matikan api
Masukkan gelatin, aduk rata dengan balloon whisk sampai gelatin larut
Taruh coklat rasa anggur dalam wadah besar, tuangi larutan susu tadi, diamkan hingga meleleh, aduk rata, sisihkan, jaga agar tetap hangat kuku
Kocok whipped cream dengan air dingin hingga setengah kaku, campurkan bertahap ke dalam campuran coklat, aduk rata
Tuang mousse ke atas crust oreo, bekukan di chiller minimal 4jam
Apabila sudah set, lepaskan plastik mika secara perlahan dari moussecake, hias moussecake sesuai selera
Grape moussecake siap di santap....hmmmm yummi... ^_^b

Tidak ada komentar:

Posting Komentar