Sabtu, 14 November 2015

Pangek Masin

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah....


Pada majalah Nova bulan Mei 2015, ada resep dari Sumatra Barat yang menarik perhatian saya. Resep itu berupa masakan dari ikan. Sebenarnya saya sudah lama sih masak makanan ini, dan baru di upload sekarang, hihihi, seperti biasa... file resep dan foto masakannya tumpang tindih di usb.

Okay, untuk masakan ini, namanya Pangek Masin, ada yang saya ganti, alias bintang utamanya alias ikannya. Di resep menggunakan ikan tenggiri, karena waktu itu ikan tenggiri susah, jadi saya menggantinya dengan ikan tongkol segar. Plus karena tidak ada daun kemangi, jadi saya skip penggunaannya. Untuk rasa, enaaaaak banget deh masakan ini. Saya suka saya suka, hehehehe. Ow iya, seperti biasa untuk penggunaan santan, saya pakai sedikit saja, maklum karena saya memang mengurangi santan. Yuk ini resepnya....

Pangek Masin
Sumber : majalah NOVA

Bahan
1 ekor ikan tenggiri, potong potong (saya pakai tongkol)
½ sdt garam
1 sdt jeruk nipis
2 sdm minyak untuk menumis
5 butir bawang merah, iris tipis
2 cm lengkuas, memarkan
1 lembar daun kunyit, ikat
7 buah cabe rawit utuh
500ml santan dari ½ butir kelapa (saya pakai air 500ml + 1 sdm santan instan)
2 buah asam kandis
1 ¾ sdt garam
1 sdt gula pasir
2 tangkai kemangi, petiki (saya tidak pakai)
½ sdt air jeruk nipis

Bumbu halus
4 butir kemiri sangrai
2 cm kunyit bakar
7 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 cm jahe
½ sdt merica

Cara membuat
Lumuri ikan tenggiri dengan ½ sdt garam dan 1 sdt jeruk nipis. Diamkan 10 menit (kalau saya sesudah di diamkan 10 menit, ikannya saya goreng)
Panaskan minyak, tumis bumbu halus, bawang merah, lengkuas, daun kunyit dan cabe rawit sampai harum
Masukkan santan, asam kandis, garam dan gula pasir. Masak sampai mendidih
Tambahkan ikan tenggiri. Masak sampai matang. Masukkan daun kemangi dan air jeruk nipis. Masak sampai kental

Tidak ada komentar:

Posting Komentar