Minggu, 15 November 2015

Full Chocolate Cake for Birthday Cake

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah.....


Malam semua.... kali ini mau cerita dulu ya.... ini cake coklat sudah saya buat sekitar 4 atau 5 tahun yang lalu. Lama banget ya.... tapi kok masih ingat sih dengan cake ini? Ya jelas ingat, karena ini adalah cake yang membuat saya tekor habis dalam pembelian bahannya, wkwkwkwk. Soalnya full coklat, baik dalam cakenya, fillingnya, maupun dekornya. Walaupun juga saya percantik dengan buah strawberry dan cherry sih.

Sebenarnya ini cake saya hadiahkan gratis untuk ulang tahun keponakan saya. Waktu itu saya bilang yang sederhana saja ya cakenya. Ternyata pengennya full coklat, dan ada hello kittynya. Secara kalau full coklat waduh biaya boooo, belum beli mainan hello kitty-yang waktu itu mahal karena lagi booming-jadinya saya pikir apa mau di tolak saja. Terus mami bilang buatin saja, nanti di bantuin beli coklatnya, hehehehe. Lagian ga enak udah janjiin buatin cake coklat untuk ultahnya. Yo wes saya nurut saja.

Emang sampe berapa gram coklat sih yang di butuhin. Hmmmm kalau cake coklatnya sih ga begitu butuh banyak coklat batang dan coklat bubuk. Tapi yang banyak itu adalah coklat batang/dark cooking chocolate untuk dekor, filling dan glaze (siraman) ke cake coklatnya. Belum beli whipped creamnya, huhuhu. Tapi dengan sokongan dari mami, semua bahan bisa terpenuhi, hehehe.

Total coklat batang yang saya pakai ada 600gr lebih. Coklat itu saya pergunakan untuk pembuatan pagar di sekeliling cake dan hiasan di atas cake. Terus untuk filling di dalam cake dan untuk krim yang membalut semua permukaan cake. Dan terakhir untuk siraman ke atas permukaan cake. Full chocolate beibeh....

Untuk base cakenya saya mempergunakan resep cotton cake coklat dari blog mba Nien Ing. Saya cocok dengan resep cotton cake coklatnya yang sebelumnya sudah di modifikasi oleh beliau. Untuk info saja, ini base cakenya seharusnya untuk loyang 20x20, cuma karena saya tidak punya loyang ukuran segitu, jadi saya pakai loyang kotak 22x22. Karena cakenya dua layer, jadi saya pakainya 2x resep untuk pembuatannya. Di bawah ini saya tuliskan resep cotton cake coklatnya (untuk 1 resep)....

Cotton Cake Coklat
Sumber : mba Nien Ing

Bahan
4 kuning telur
30gr gula pasir
¼ sdt esens vanilla
1 sdt TBM
1 sdm susu kental manis

4 putih telur
50gr gula pasir
¼ sdt garam
1 sdm air jeruk nipis

60gr tepung terigu
10gr maizena
15gr coklat bubuk
½ sdt baking powder

50gr margarin leleh
50gr dark cooking chocolate, potong potong
½ sdt pasta coklat

Cara membuat
Lelehkan margarin dan dark cooking chocolate, setelah itu tambahkan dengan pasta coklat, aduk rata, sisihkan
Ayak tepung terigu, maizena, coklat bubuk dan baking powder, sisihkan
Kocok kuning telur, gula, esens vanilla, dan TBM sampai kental dan putih, masukkan susu kental manis, kocok kembali dengan speed rendah, sisihkan
Kocok putih telur dengan gulaa, garam dan air jeruk nipis sampai soft peak / setengah kaku
Masukkan adonan kuning telur ke kocokan putih telur-campur menggunakan kocokan dengan speed rendah sampai tercampur rata
Masukkan campuran ayakan tepung, aduk rata
Masukkan campuran lelehan margarin, aduk balik
Tuang ke loyang yang sudah di oles margarin dan di alas kertas roti, oven dengan suhu 180’c selama 30menit

Untuk filling coklat dan krim di seluruh permukaan cake
300gr dark cooking chocolate, lelehkan
100gr whipped cream bubuk
200ml susu uht plain dingin

Cara membuat
Kocok whipped cream bubuk dengan susu dingin sampai mengembang, terus masukkan lelehan coklat batang, kocok kembali sampai rata. Filling coklat siap di gunakan

Untuk glazenya – siraman coklat ke semua permukaan cake
150gr dark cooking chocolate
50gr whipped cream bubuk
100-150 susu uht plain

Cara membuat
Tim semua bahan sampai leleh. Tunggu sampai hangat baru siram ke atas cake

Semoga mengerti ya sama resep di atas, hehehe. Maklum saya masih kesulitan untuk menulis step by step resep. Penyelesaiannya sih, ambil 1 lembar cake, olesi dengan selai strawberry, baru oles dengan filling coklat. Tutup kembali dengan cake coklat. Oles semua permukaan cake dengan sisa filling. Masukkin cake ke kulkas dulu biar agak beku krimnya. Setelah itu baru tuangin coklat glazenya ke seluruh permukaan cake. Coklat glazenya jangan panas ya. Nah, setelah itu tinggal tempelin pagar coklat yang sudah di cetak. Hias sesuai selera – saya dengan mainan hello kitty, hiasan coklat, cherry dan buah strawberry. Ow iya, karena filling coklatnya masih ada, saya spuit bentuk bintang di atas permukaan cake, hehehhe. Hmmmmm yummi ^_^b

Note : maaf fotonya berantakan, hahaha, waktu itu belum bisa moto kue

Tidak ada komentar:

Posting Komentar