Selasa, 03 Maret 2015

Fruit Pie For Mami


Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah.....

Ketika lagi merapikan foto cake di file saya, saya menemukan foto fruit pie ini. Seketika itu juga saya terharu. Kenapa terharu? Karena fruit pie itu saya buat tanggal 22 Desember 2013, hehehehe, tumben ya saya ingat. Tentu saja saya ingat, karena pie itu di buat dalam rangka buat mami sebagai tanda cinta di hari Ibu. Akan tetapi, sayang di sayang, pas hari itu mami sakit. Padahal mami sudah request untuk di bikinin fruit pie pas hari itu. Dan kata dokter yang memeriksa mami, mami di larang dulu untuk makan yang asem dan ada kandungan terigunya. Duh... sesek banget pas dengar kata kata itu.

Jadi apakah fruit pie yang saya buat itu sia sia? Tentu tidak saudara saudara. Karena bertepatan hari itu adalah hari berkumpulnya para kakak dan keponakan tersayang. Saya punya 3 kakak yang sudah menikah dan 5 keponakan. 11 orang kan cukup untuk menghabiskan 1 loyang pie gede dan beberapa mini fruit pie. Belum lagi di tambah dengan saya, kan yang buat juga pengen makan pie, hahahaha. Melihat saya yang sudah membuat fruit pie itu untuk dirinya, mami pun mencicipinya walaupun sedikit. Hiks... jadi terharu mom.

Untuk resep fruit pienya masih seperti dulu, begitu juga dengan vla susu dan lainnya. Resep saya tulis ulang untuk memudahkan bagi yang mau mencoba. Happy bakiiing dan happy mother day for u mom...... Love u so much.


Fruit Pie

Bahan crust
200gr tepung terigu
100gr margarin
50gr gula halus
1 kuning telur
3-5 sdm air es

Cara membuat
Campur tepung terigu, margarin dan gula halus, aduk rata sampai berbulir bulir seperti pasir (saya biasanya pakai garpu)
Masukkan kuning telur, aduk rata lagi
Terakhir masukkan air es sampai bertahap, campur rata dengan garpu ya (jangan pakai tangan, karena biasanya adonan jadi keras nantinya)
Setelah itu bulatkan adonan (pakai tangan), taruh di atas plastik yang lebar/plastik wrap, bungkus, kemudian masukkan lemari es kurang lebih 30 menit
Keluarkan adonan crust dari lemari es, gilas menggunakan penggilingan, cetak di loyang pie, tusuk tusuk sekelilingnya dengan garpu supaya ketika di panggang tidak menggembung
Oven dengan panas 180C sampai matang dan kuning keemasan. Saya biasanya sekitar 20-25 menit (tergantung oven masing masing)

Vla pie
500ml susu full cream
100gr gula pasir
2 kuning telur
30gr maizena
½ sdt vanili

Cara membuat
Rebus 400ml susu dengan gula di panci, sisa susu taruh di mangkok dan campur dengan kuning telur,  maizena dan vanili
Ketika rebusan susu sudah hangat, ambil 2 sendok sayur rebusan susu dan campur ke larutan susu+kuning telur+maizena, aduk rata, dan tuang kembali ke rebusan susu
Masak sampai matang dan mengental. Matikan api, dinginkan

Olesan dalam pie
30gr DCC leleh (sesudah crust pie di panggang dan dingin, olesi seluruh permukaan pie dengan coklat leleh, baru kemudian tuang vla susu nya)

Topping
Buah strawberry
Buah kiwi
Jeruk mandarin kalengan

Penyajiannya seperti biasa, crust pie di oles dulu dengan DCC leleh, baru tuang vla susunya. Kemudian tata buahnya sesuai selera dan sajikan. Saya sebelumnya juga sudah mempersiapkan tulisan Best Wish For Mother dengan coklat kuning untuk hiasan. Looks good kan fruit pienya.

By the way busway, ada teman saya yang iseng dengan mengedit foto pienya jadi seperti di bawah ini. Yah, maklumlah hp saya kan jadul, jadi tidak bisa edit mengedit, hehehe. Thanks a lot ya my friend... cup cup muah muah, jadi bagus foto fruit pienya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar