Senin, 02 Maret 2015

Strawberry & Mango Mousse


Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah.....

Sebelumnya saya sudah pernah posting tripple mousse cake, baik dalam versi seukuran cake maupun dalam versi cup. Nah, saya penasaran kalau di buat rasa lain, bagaimana ya rasanya? Mari kita bereksperimen. Hmmmm setelah melihat bahan bahan pembuatan yang sebelumnya, maka saya melangkahkan kaki ke lemari bahan kue. Ternyata coklat putih saya habis.... huhuhuhu. Ya sudahlah, apakah saya akan menyerah? Tentu tidak. Namanya juga coba coba, kita buat saja dengan bahan yang ada.

Nah, enaknya kita buat mousse apa ya? Oh iya, mousse sendiri biasanya dibuat dengan menggunakan telur mentah, tapi karena saya takut untuk mengkonsumsinya, maka saya menggunakan resep yang tidak menggunakan telur. Apabila ada yang mau mencari resep mousse yang menggunakan telur, bisa search saja di mbah gugel.

Oke, setelah mengecek bahan yang ada, saya memutuskan membuat strawberry mousse dan mango mousse. Kenapa saya memutuskan membuat itu? Karena saya cek di dalam lemari es, ada hiasan coklat berwarna kuning dan pink, hehehehe. Jadi pas kan kalau saya buat kedua jenis mousse tersebut. Untuk basic cakenya saya menggunakan vanila cake. Yuk cekidot ini resepnya....

Strawberry & Mango Mousse
Ala Ocha

Sponge Cake Vanila
Bahan
3 butir telur
80gr gula pasir
65gr tepung terigu
10gr tepung maizena
40ml minyak goreng
½ sdt TBM
¼ sdt vanili bubuk

Cara membuat
Kocok telur, gula, vanili bubuk dan TBM sampai kental dan berjejak
Masukkan ayakan tepung terigu dan tepung maizena, aduk rata dengan spatula
Masukkan minyak goreng, aduk balik dengan spatula. Pastikan tidak ada endapan minyak di dasar adonan
Tuang ke loyang ukuran  24x24x4 yang sudah di oles margarin dan di alasi kertas roti
Pangggang selama 20 menit dengan suhu 180C
Ketika sudah matang dan dingin, bentuk bulat dengan ring cutter, sisihkan


Strawberry Mousse
80gr selai strawberry
60ml susu UHT plain
1sdt gelatin bubuk
50gr whipcream bubuk + 100ml air es dingin

Cara membuat
Panaskan susu dengan api kecil, matikan api, masukkan gelatin, aduk hingga gelatin larut
Kocok whipcream bubuk dengan air es sampai setengah kaku, masukkan larutan gelatin dan susu, kocok rata
Tambahkan selai strawberry, kocok rata, sisihkan, masukkan lemari es

Penyajian
Masukkan sponge cake vanila yang sudah di bentuk bulat dalam cup puding, tuang mousse strawberry, bekukan sebentar
Tata lagi sponge cake vanila, dan tuang kembali mousse strawberry, bekukan di lemari es kurang lebih 2-3jam
Hias dengan whipcream kocok dan potongan coklat strawberry


Mango Mousse
80gr selai mangga
60ml susu UHT plain
1sdt gelatin bubuk
50gr whipcream bubuk + 100ml air es dingin

Cara membuat
Sama dengan pembuatan strawberry mousse, begitu juga dengan penyajiannya.

Yak, setelah waktu yang di tunggu tunggu, saatnya pencicipan. Dag dig dug der, bagaimana ya rasanya? Dan ternyata..... eng ing eng, rasanya aneeeeeeh, wkwkwkwkwkw. Manisnya ga ada, hanya rasa strawberry dan mangga yang samar samar. Memang sih ada rasa manis dari whipcream dan susu, tapi itu tersamarkan banget. Jadi? Ya bisa di bilang eksperiment kali ini gagal, hehehe. Mungkin karena tidak ada coklat putihnya kali ya? Bisa di coba lain kali. Tapi untungnya tampilan moussenya cantik, jadi bisa sedikit terhibur, hahaha. Dan mousse ini laku aja tuh di kalangan keponakan saya, ini doyan atau ga kenal rasa ya? Hehehehe. Happy baking.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar