Selasa, 31 Maret 2015

Opor Ayam


Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah....

Biasanya kalau buat opor ayam pakai bumbu instant atau bumbu yang buat sendiri? Kalau saya dulu memang buat sendiri kalau untuk masakan, alias ngulek atau blender bumbu. Tapi biasa.... dengan kemajuan zaman dan semakin banyaknya bumbu instant membuat saya jadi berpaling ke yang praktis (bilang aja pemalas), hahahahaha. Berdasarkan pengalaman, walaupun menggunakan bumbu instant tetap saja saya menambahkan beberapa bumbu dapur biar lebih sedap. Lho jadi percuma saja dong bumbu instantnya? Ya tidak juga sih lumayan membantu kalau menurut saya.

Seperti masakan opor ayam yang kita bahas kali ini, apabila saya memasak dalam jumlah banyak, saya pasti menggunakan bumbu instant opor ayam siap pakai. Maklum, walaupun saya tinggal berdua dengan mami, tetapi kalau semua para kakak dan kakak ipar plus para keponakan kumpul, harus masak sepanci penuh. Masakannya kan tidak mungkin hanya 1 macam saja, pasti lebih plus dessertnya, hehehehe. Jadi bumbu instant termasuk penolongku.

Bumbu instant yang saya pakai untuk masakan opor ayam ini adalah merk Indofood. Untuk gambarnya ada di bawah ini. Untuk tambahannya saya menggunakan bawang merah, bawang putih, kemiri dan teman temannya. Tidak lupa juga dengan santannya, tapi.... seperti biasa santannya saya kurangi, hehehehe. Soal rasa maknyus kalau kata saya. Bahkan keponakan saya paling suka kalau saya yang masak itu opor ayam. Lebih enak katanya.... duh bikin geer saja. Yak resepnya di bawah ini ya. Happy cooking.....




Opor Ayam
Menggunakan bumbu instant

Bahan
15-16 potongan ayam broiler
1 bungkus bumbu opor ayam Indofood
Minyak goreng untuk menumis
Air secukupnya untuk merebus ayam

Bumbu halus tambahan
7 siung bawang merah
5 siung bawang putih
4 butir kemiri
1 sdt ketumbar
1 sdt jintan
1 sdt pala bubuk

Bumbu tambahan
3 batang serai, geprek
4 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk
1 ruas lengkuas, geprek
1 batang kayu manis
2 sdm gula merah
1 batang daun bawang, iris kasar
Garam dan merica secukupnya
Santan secukupnya

Cara membuat
Rebus ayam sampai setengah empuk, matikan api, tiriskan ayam dan buang airnya (untuk membuang kotoran dan lemak yang mengapung di air)
Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum, tambahkan bumbu instant opor ayam indofood, aduk rata. Tambahkan daun salam, serai, daun jeruk, lengkuas dan kayu manis, masak sampai matang, sisihkan
Rebus kembali ayam, masukkan bumbu tumisan opor ayam tadi, masak sampai mendidih
Tambahkan garam, merica dan gula merah
Tuang santan secukupnya (saya hanya pakai 1 sendok sayur santannya), aduk rata biar santan tidak pecah, masak hingga matang, tambahkan daun bawang
Tes rasa, apabila sudah pas, matikan api, hidangkan dengan taburan bawang goreng

Tidak ada komentar:

Posting Komentar