Sabtu, 11 Juli 2015

Cookies Lebaran : Kastengel

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah....


Kukis jadul kali ini adalah kastengel alias kukis keju. Resep masih setia dengan resep yang dahulu, ini saya tulis kembali ya, tapi dengan modifikasi ala saya, oke.... Untuk butter, saya tetap pakai butter anchor, cuma saya campur dengan butter merk jongman. Bagi yang baru dengar merk ini, butter ini adalah asli buatan indonesia. Saya juga tahu setelah baca keterangan di kemasannya, hehehe. Rasa butter jongman mirip dengan butter orchid. Yang saya pakai adalah butter jongman gold warna merah kuning. Tidak mengecewakan deh butter buatan dalam negeri kita ini.

Margarin tetap pakai blueband dong, setia saya dengan merk ini, hehehe. Sedangkan untuk keju, keju yang saya pakai adalah 2, yaitu cheddar dan edam. Cheddar pakai kraft (bukan promosi ya), sedangkan edam pakai keju yang bentuk bola itu lho. Yang di lapisi lilin warna merah, kalau di pasar sebutannya keju ayam, hihihi. Untuk rasa jangan di tanya, kastengel ini maknyuuus..... Untuk info saja, kastengel ini aslinya menggunakan full margarin, cuma saya membuatnya dengan perbandingan butter (mentega) dan margarin.


Kastengel Ekonomis
Modified : ocha

Bahan
75gr mentega ------- anchor + jongman
75gr margarin -------- blueband
2sdm gula halus
1 butir kuning telur untuk adonan, dan 1 butir kuning telur untuk olesan (total 2 telur ya)
200gr tepung terigu segitiga biru
1sdm susu bubuk ----------- dancow
100gr keju cheddar, parut
100gr keju edam, parut
50gr keju cheddar, parut, untuk taburan

Cara membuat
Kocok mentega, margarin dan gula halus, cukup hanya sampai rata saja
Masukkan kuning telur, kocok rata sebentar saja
Masukkan keju cheddar dan edam parut, aduk rata dengan sendok kayu
Masukkan ayakan tepung terigu dan susu bubuk, aduk rata
Ratakan adonan di tempat datar yang di alas plastik sambil agak di padatkan, cetak dengan cetakan kastengel
Taruh di loyang yang di oles tipis margarin
Olesi dengan kuning telur, taburi dengan keju cheddar parut secukupnya
Panggang di oven suhu sedang (tergantung oven masing masing) selama 20-30 menit atau hingga matang dan kecoklatan atasnya



Note :
Gambar butter jongman dan keju edamnya saya ambil dari internet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar