Selasa, 14 Juli 2015

Cookies Lebaran : Putri Salju

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah....


Mari mengisi toples lagi. Rencana buat putri salju hanya untuk konsumsi pribadi alias isi toples rumah sendiri. Eh, ternyata kakak berminat, yowes buatin aja sekalian, lagian kan ada imbalannya, hihihi. Putri salju yang saya buat tanpa kacang mede, pas banget dengan kesukaan kakak saya yang tidak begitu suka kue kering dengan kacang. Jujur saja, saya sebenarnya lebih suka putri salju tanpa kacang dalam adonannya. Walaupun saya juga tidak nolak kalau ada yang kasih putri salju dengan kacang, hahahaha.

Banyak resep putri salju dengan kacang mede yang ketika di makan langsung pyur lumer. Saya sudah pernah mecobanya, dan memang enak hasilnya. Kalau mau lihat resep putri salju dengan kacang mede bisa klik disini. Nah, kali ini putri salju tanpa kacang mede, tapi tetap enak hasilnya, pyur lumer juga lho. Keponakan saya aja sampe doyan, di cemil beberapa kali, sampai harus saya tahan ^_^.

Resep putri salju ini saya ambil di dapurnya-mbak-endang.blogspot.com. Bahan bahan yang di pergunakan juga gampang di dapat, bahkan bisa beli di warung, hehehe. Yang harus di perhatikan adalah teknik panggangnya, karena saya menggunakan oven tangkring. Harus sering di putar putar loyangnya biar panasnya merata. Untuk mentega, yang saya pergunakan kali ini adalah wisjman. Margarinnya tetap blueband dong. Hmmm sudah kebayangkan kan enaknya ini putri salju. Yuk ini resepnya.

Putri Salju
Sumber : dapurnya-mbak-endang.blogspot.com
resep asli : putri salju tanpa kacang ala mbak Ina Surbakti

Bahan
100gr margarin
50gr mentega
50gr gula tepung
1 kuning telur
210gr tepung terigu kunci biru (saya pakai segitiga biru)
25gr susu bubuk

Taburan ala saya : gula halus yang di ayak + susu bubuk

Cara membuat
Kocok margarin, mentega dan gula halus hanya sampai rata saja – jangan terlalu lama
Masukkan kuning telur, kocok rata – jangan terlalu lama
Masukkan ayakan tepung terigu dan susu bubuk, aduk rata dengan sendok kayu hingga menjadi adonan yang bisa di bentuk
Taruh adonan di atas plastik lebar, giling adonan dengan ketebalan yang sama, cetak dengan bentuk bulan sabit
Taruh adonan yang sudah di cetak di loyang yang di oles tipis margarin
Panggang selama 25menit dengan suhu 140’C – saya pakai otang, jadi di kira kira saja apinya
Hasil jadinya 400gr

Note :
Begitu sudah matang kuenya, tunggu 5menit dahulu, baru gulingkan ke taburan gula halus + susu bubuk. Berdasarkan pengalaman saya, apabila kuenya panas panas di gulingkan ke taburan gula halus, gula halusnya akan menggumpal, jadi tunggu sedikit hangat dahulu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar