Sabtu, 11 Juli 2015

Cookies Lebaran : Semprit Cherry

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah....


Lebaran sebentar lagi.... toples toples harus di isi, hehehehe. Setelah sebelumnya semprit coklat, sekarang semprit cherry yang keluar. Kue kering yang nama aslinya cherry cookies di buku resep jadul punya mami ini memang rasanya uenak pake banget. Cuma saya lebih suka menyebutnya semprit cherry aja, lebih gampang soalnya.

Ow iya, dalam pembuatan semprit ini, saya lupa memasukkan vanili bubuk, hihihi, biasa pikun. Alhamdulillah, rasa ga berubah, tetap rasa susu dan wangi susu. Ya rahasianya pakai susu bubuk yang berkualitas dan pakai butter. Memang sih tidak ada masalah kalau mau full pakai margarin, tetap enak kok, saya udah pernah coba. Cuma ga tau kenapa kalau ada butternya, wanginya lebih oke, dan ada aroma susunya.

Untuk butter bisa pakai merk apa saja. Kebetulan kali ini saya pakai merk anchor, dan margarinnya blue band. Kalau mau yang lebih naik kelas bisa pakai butter Wisman. Saya sudah pernah coba butter orchid, anchor, elle n vire dan wisman. Saya suka semuanya sih, cuma untuk elle n vire saya kurang cocok sama aromanya. Tergantung kitanya juga sih.....  Untuk tepung saya dari dulu pakai segitiga biru, tapi kalau mau kunci biru juga bisa. Susu bubuknya merk dancow, huuuum wangiiii.

Semprit Cherry

Bahan
150gr tepung terigu
100gr tepung maizena
50gr susu bubuk
75gr mentega
75gr margarin
3 kuning telur
125gr gula halus
½ sdt vanili bubuk
Manisan buah cherry (saya pakai cherry merah)

Cara membuat
Ayak campuran tepung terigu, tepung maizena dan susu bubuk, sisihkan
Kocok mentega, margarin dan gula halus sampai tercampur saja, jangan terlalu lama
Masukkan kuning telur satu persatu sambil tetap di kocok. Kocok hanya sampai kuning telur tercampur saja dengan adonan mentega, jangan terlalu lama ya (jangan sampai mengembang)
Masukkan campuran terigu, aduk dengan sendok kayu sampai rata
Siapkan loyang kue kering, olesi margarin tipis saja
Masukkan adonan ke dalam piping bag, pasang spuit bentuk bunga, semprotkan di loyang (apabila susah di spuit pakai piping bag, pakai cara manual saja, alias adonan masukkan ke spuit, terus tekan adonan dengan jempol)
Hias tengahnya dengan potongan manisan buah cherry
Panggang dengan api sedang kurang lebih 20 menit atau sampai matang (tergantung oven)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar