Senin, 06 Juli 2015

Sate Komoh

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah.....


Dapat resep ini dari blognya mba Vivi di “Jajanevivi.com”. Judulnya sate komoh, yaitu sate yang terdiri dari potongan daging sapi yang diungkep hingga empuk, kemudian baru dibakar. Ketika melihat tampilannya saja di blog mba Vivi langsung tergugah selera saya. Terus minta mami deh beliin daging, hehehehe.

Seperti yang saya bilang di postingan saya dahulu, saya dan mami termasuk yang jarang makan daging, alias kurangin makan daging. Di resep asli, daging yang di perlukan 500gr, sedangkan saya hanya pakai 300gr daging sapi. Untuk meminimalisir daging, saya tambahkan tempe dalam sate komoh ini. Jadinya sate komoh versi saya deh, hehehehe. Maaf bagi orang Pasuruan yang mempunyai masakan sate komoh ini, satenya saya variasiin ya.

Salah satu variasi yang saya lakukan lagi di sate komoh ini adalah pemakaian kecap manis sebagai bumbu olesan untuk bakar sate. Hasilnya juga tidak mengecewakan, rasanya enak banget. Dimakan sama potongan cabe rawit dan bawang merah mentah, duh aduhai sedapnya, lebay.com, wkwkwkwk. Yuk ini resepnya....

Sate Komoh ala Ocha
Sumber : www.jajanevivi.com

Bahan
300gr daging sapi, potong potong
½ papan tempe, potong kotak
3 lembar daun jeruk purut
1 batang serai, geprek
30gr gula merah, sisir halus
1sdt garam
50ml santan (saya pakai kara)
Minyak goreng untuk menumis
2sdm kecap manis
Tusuk sate secukupnya

Bumbu halus
8 siung bawang merah
5 siung bawang putih
2cm lengkuas
2cm jahe
4cm kunyit
5 butir kemiri
1sdt ketumbar bubuk
Sedikit jintan

Cara membuat
Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun jeruk dan serai hingga harum
Masukkan daging, masak sampai daging berubah warna
Tambahkan air secukupnya, dan ungkep daging sampai setengah empuk
Masukkan santan, gula merah dan garam, masak kembali daging sampai empuk dan bumbu meresap ke daging
Tambahkan tempe, masak kembali sebentar
Setelah daging empuk, matikan api, tunggu dingin, dan tusukkan daging dan tempe secara berselang seling
Ambil bumbu daging yang tersisa, campur dengan kecap manis, aduk rata sebagai bahan olesan
Bakar sate daging dan tempe, dengan sesekali di oles dengan bumbu daging + kecap
Angkat dan sajikan sate komoh versi saya, hehehehe

Note : maaf fotonya kembali jelek, huhuhuhu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar