Minggu, 05 Juli 2015

Just Sharing Today - Cilok Kuah

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah....

Just sharing today..... Waktu itu sempat tulis resep cilok. Ternyata dari resep itu dapat cilok yang banyak banget. Jadi sebagian cilok di makan pakai saus sambal pecel/kacang, sisanya saya simpan di kulkas. Cara simpan saya adalah taruh di mangkok, terus atasnya di tutup dengan plastik wrap. Yap, aman deh.

Nah, kalau puasa itu entah kenapa pengennya ngebaso wae. Aneh ya, padahal kalau makan yang asem dan pedes langsung itu tidak baik. Tapi ya mau gimana lagi, enak sih, hihihihi. Jadi cilok ini saja yang di olah seperti bakso, alias cilok kuah. Untuk resepnya sih standar, tinggal rebus air terus plang plung deh. Ow iya, ciloknya saya keluarin dulu dari kulkas, dan kukus sebentar saja. Baru deh di olah.

Ada yang saya lupa bilang, adonan cilok kemarin sempat saya isi ke tahu lho. Jadi ada tahu putih di rumah, daripada itu tahu nganggur di kulkas, kita berdayakan saja, hahaha. Adonan cilok saya isi ke tahu (kok susah ya nempelnya), terus saya rebus, baru di kukus. Pas saya cemil lumayan enak juga, kayak tahu bakso. Terus ada juga cilok yang saya buat tidak bulat, tapi agak melebar. Yah buat bentuk aneh aneh deh, hehehehe. Yup mari dibuat cilok kuahnya....




Cilok Kuah

Bahan
Cilok (resepnya bisa lihat di sini)
Tahu di isi cilok (sebagian tahu isi ciloknya saya goreng)
Cilok yang dibuat agak melebar (versi aneh saya)
Bakso sapi ukuran kecil sesuai selera
1 batang daun seledri
2 batang daun bawang
Air
Garam, merica dan kaldu bubuk rasa ayam
Bawang goreng sebagai taburan

Pelengkap : cabe rawit merah dan bawang putih di rebus, kemudian di gerus kasar

Cara membuat
Rebus air hingga mendidih, kemudian masukkan batang daun seledri
Lalu masukkan cilok dan baso sapi
Tambahkan garam, merica dan kaldu bubuk rasa ayam
Terakhir masukkan tahu isi cilok, baik yang di kukus maupun yang di goreng, lalu daun bawang
Masak sampai matang, matikan api dan angkat
Taburi dengan bawang goreng dan sajikan dengan cabe rawit gerus

Uuhm pas di makan segar banget. Rasanya kayak makan pempek tapi pakai kuah baso, hihihi. Plus makannya pakai sambal cabe rawit, wuih makin huh hah huh hah kepedasan, hahaha. Suka banget sama tekstur ciloknya, lembut banget. Tahu isi ciloknya juga enak. Pokoknya mantap deh. Oke semua, saya mau istirahat dulu, happy cooking semua........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar