Rabu, 18 Maret 2015

Putri Salju


Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah.....

Kue kering yang kali ini akan di tulis resepnya adalah putri salju. Siapa sih yang tidak kenal dengan putri salju. Kue kering ini sangat nge-hits zaman saya dahulu. Karena diantara kue lain yang berwarna kuning atau coklat, hanya kue ini yang bermandikan salju alias gula putih. Apabila di makan rasanya lumer dan di jamin mulut belepotan gula putih, hihihihi.

Sampai sekarang, putri salju tetap menjadi idola untuk pengisi toples di musim lebaran ataupun natal. Walaupun sekarang bentuknya sudah tidak mengikuti pakemnya yang dari dahulu selalu berbentuk bulan sabit. Putri salju jaman sekarang ada yang berbentuk bola, bunga, dll, tergantung kehendak si pembuat. Soal rasa, ya tergantung sama yang buat juga, apabila menggunakan bahan bahan high, ya di jamin lumer dan enak. Bisa di juga dengan menggunakan pertengahan antara high dan middle (apaan sih ini bahasanya, hahahaha), rasa yang di dapat juga oke. Nah, bayangkan kalau putri salju di buat dengan kualitas low, sudah dapat di bayangkan bagaimana rasanya kan? Tapiiiiiiiii malah itu yang paling laku sekarang sekarang ini, hiiiks. Kenapa saya bilang begitu? Pasti sudah tau deh jawabnya.

Kembali ke putri salju, sama dengan resep kastengel, saya dulu juga masih meraba raba resepnya. Tanya sama mami resep putri saljunya dahulu, mami dengan cuek bilang lupa. Alhasil waktu itu saya buat berdasarkan resep dari mbah gugel yang sudah saya saring. Kalau sekarang? Sekarang saya sudah cocok dengan resep putri salju dari www.Diahdidi.com, sama seperti kastengel. Resepnya antara high dan middle sih, jadinya saya cocok. Yang mau resepnya ini saya tulis.


Putri Salju

Bahan
150gr margarin (saya mix 75gr mentega : 75gr margarin)
50gr gula halus
1 kuning telur
100gr kacang mete / kacang tanah sangrai, haluskan (saya pakai kacang mete)
175gr tepung terigu protein rendah (saya pakai protein sedang/segitiga)
15gr susu bubuk
100gr gula halus khusus taburan yang rasanya semriwing/gula donat (saya gula halus biasa + 1 sdm susu bubuk)

Cara membuat
Kocok mentega, margarin dan gula halus selama 1 menit, tambahkan kuning telur, kocok rata
Tambahkan kacang mete bubuk, aduk rata dengan spatula (saya pakai sendok kayu)
Masukkan tepung dan susu bubuk sambil di ayak, kemudian aduk rata
Cetak atau pulung adonan berbentuk bulat sabit
Oven selama kurang lebih 20 menit suhu 160 C (tergantung oven masing-masing)
Hangat-hangat taburi atau gulingkan ke gula donat atau gula halus
Kemas ketika kue sudah dingin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar