Minggu, 22 Maret 2015

Martabak Manis Mini

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah....


Kalau mau jujur, saya itu termasuk yang bisanya masak ya itu itu aja. Jadi apa yang di masak di ulang aja terus, tidak ada perubahan, hehehehe. Keturunan dari mami soalnya. Jadi hidangan yang ada ya itu itu saja. Kecuali jika imajinasi saya agak liar dan mulai pengen yang aneh aneh, baru deh buka majalah wanita atau cari resep di gugel dan di praktekkan. Tapi ya gitu, habis di praktekkan dan sukses, tidak di masak lagi, hehehehe. Cuma karena penasaran saja, terus kan juga harus sesuai dengan lidah mami. Kadang di lidah saya enak buanget, di lidah mami ngga begitu. Jadi, balik deh ke menu awal, yang gitu gitu aja.

Nah, kali ini saya ketika saya buka facebook dan lihat grup NCC yang memposting berbagai macam makanan. Mata saya tertuju kepada resep martabak manis, dan saya ada keinginan untuk membuatnya. Padahal di berbagai blog perbakingan yang sudah saya baca, banyak banget macam macam martabak manis. Tapi entah kenapa hati dan tangan saya tidak tergerak untuk membuatnya. Alasan no 1 malas, alasan no 2 ribet, alasan no 3 ga yakin, dan berbagai macam alasan lainnya.

Pas baca resep ini, langsung dalam hati berkata, ayo kita buat ini martabak. Alasan no 1 ga ribet, alasan no 2 lagi rajin, alasan no 3 lagi lapar, hahahahaha. Resep ini milik mba Maria Stefianie Titik, anggota NCC juga. Beliau membuat martabak manis ini di malam hari ketika lapar, dan beliau menggunakan bahan bahan seadanya di rumah dan di panggang menggunakan teflon. Hasil foto martabak beliau menggugah selera saya. Untuk martabak manis ini saya menggunakan cetakan kue lumpur yang baru saja saya beli. Trial cetakan juga nih ceritanya.


Perbedaan antara martabak manis yang di buat mba Maria dan saya adalah, beliau tidak menggunakan susu kental manis untuk olesan ketika matang dan saya menggunakannya. Kenapa saya menggunakannya? Supaya manis seperti saya, hehehe, ngga dong, pengen kayak martabak manis yang di jual abang abang itu lho.

Just for info, percobaan pertama martabak manis mini dengan cetakan kue lumpur adalah 12 martabak manis, dimana 4 sukses dan yang lain gagal, hihihihi. Banyak yang gagal dikarenakan saya belum bisa menguasai cetakan kue lumpurnya. Jadi jangan heran hanya 4 foto yang saya tampilkan kali ini. Selain itu tampilannya gendut gendut ya, kayak yang buat, hahahaha. Pokoknya martabak manis mini ini belum sukses tampilannya. Soal rasa lumayanlah, walaupun kurang manis dikit. Doakan saya ya biar bisa buat yang bagus dan beneran mirip dengan yang di jual. Aamiin...... Ini resepnya saya tulis di bawah.


Martabak Manis Mini
Sumber : Mba Maria Stefianie Titik

Bahan
10 sdm tepung terigu agak munjung (merk cakra)
3 sdm gula pasir
1 telur
200ml air matang
1 sdm susu bubuk (saya pakai susu bubuk dancow)
½ sdt BPDA (Baking Powder Double Acting)
½ sdt baking soda
Sedikit garam

Topping
Margarin untuk olesan
Meises
Keju parut

Cara membuat
Campur semua bahan kecuali baking soda, aduk rata
Diamkan 30 menit, masukkan baking soda, aduk rata
Panaskan teflon, masukkan adonan, kecilkan api, tunggu sampai berlubang lubang, tutup sampai matang (saya pakai cetakan kue lumpur)
Setelah matang oles permukaan martabak manis dengan margarin, beri susu kental manis (kalau saya ya) dan hias sesuai selera (saya hias dengan meises dan parutan keju)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar