Selasa, 24 Maret 2015

Nastar Keju


Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah....

Hai haaaaaai sudah lama tak bersua..... mulai deh saya lebay. Seperti biasa saya sok sibuk, alias sibuk sama facebook, hehehehe. Sebenarnya keinginan untuk menulis blog sudah ada, tapi ini tangan kok malas banget ya ngetik di netbook. Maunya ngetik dan balas komen di facebook, parah deh saya. Eh, ingat sama teman yang minta posting kue kering nastar keju, jadi mulai deh saya menulis lagi.

Nastar sendiri merupakan kue kering favorit dari segala zaman, dari zaman mami muda sampai mami sekarang sudah mau punya 6 cucu. Jadi, sudah terbayangkan betapa legendarisnya ini kue kering. Bahkan pasangan abadi kue kering ini adalah putri salju dan kastengels. Dulu waktu saya masih kecil, setiap lebaran mami pasti bikin nastar, tapi dulu nastarnya masih nastar yang biasa yang di isi selai nanas. Kalau sekarang kan ada nastar keju, black nastar dan nastar karakter, macam macam bentuknya.

Seperti biasa ketika saya todong saya mami minta resepnya dahulu, mami lupa, hehehe. Mulai deh browsing dan baca majalah resep. Setelah beberapa kali trial, saya menggabungkan resep di majalah nova dengan resep blogger perbakingan, jadi ini resep nastar versi saya. Apabila ada yang sama, mohon maaf saya tidak menjiplak resep siapapun. Ini resep benar benar saya dapat setelah saya trial beberapa kali dan mendapatkan yang cocok dengan selera saya.

Nastar yang saya akan bagikan resep kali ini adalah nastar keju. Kalau mau membuat nastar biasa, tinggal di skip saja kejunya, gampang kan. Yuk silakan ini resepnya. Happy baking.......


Nastar Keju
By Ocha

Bahan Selai Nanas
3 buah nanas, kupas bersih, buang bagian tengah
250gr gula pasir
2 lembar daun pandan

Cara membuat
Parut buah nanas
Campur parutan buah nanas dengan gula pasir dan daun pandan, masak di atas api kecil sambil di aduk aduk sampai agak kering. Angkat dan dinginkan, sisihkan

Bahan Nastar
125gr margarin
125gr mentega
75gr gula halus
350gr tepung terigu
1sdm tepung maizena
1sdm susu bubuk
2 kuning telur
50gr keju cheddar parut
50gr keju edam parut (saya pakai merk cheesy)

Polesan
2 kuning telur + 1sdm minyak goreng

Toping
Keju parut

Cara membuat
Ayak campuran tepung terigu, tepung maizena dan susu bubuk, sisihkan
Kocok mentega, margarin dan gula halus sampai tercampur saja, jangan terlalu lama, kira kira 2-3menit dengan kecepatan rendah
Masukkan kuning telur satu persatu sambil tetap di kocok. Kocok hanya sampai kuning telur tercampur saja dengan adonan mentega, jangan terlalu lama ya (jangan sampai mengembang)
Masukkan keju cheddar dan keju edam parut, aduk rata dengan sendok kayu
Masukkan campuran terigu, aduk rata
Siapkan loyang kue kering, olesi margarin tipis saja
Cetak bulat adonan nastar, pipihkan, lalu masukkan selai nanasnya, dan bentuk bulat kembali
Tata di loyang kue kering, dan panggang dengan api sedang kurang lebih 10-15 menit, keluarkan nastarnya, oleskan campuran kuning telur+minyak dan tambahkan toping keju parut, lalu panggang kembali sampai matang

Note : kalau buat konsumsi saya pribadi (saya pecinta berat nastar), biasanya untuk adonan saya 100gr keju edam, sedangkan yang cheddar hanya sebagai toping, hehehehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar