Minggu, 08 Maret 2015

Semprit Coklat


Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah.....

Hai hai hai..... kali ini mau kasih resep kue kering. Kue kering yang standar saja, alias semprit coklat. Kue semprit merupakan kue yang wajib ada di kala lebaran untuk keluarga saya. Keluarga saya mah ga macam macam soal kue kering, jadinya ya kuenya itu itu saja selama lebaran ini, hehehe. Apa saja kue keringnya? Ya itu semprit coklat, semprit cherry, nastar, nastar keju, kastengel dan putri salju. Pasti sama kan dengan yang keluarga lain buat?

Memang banyak sih, resep kue kering yang baru dan bertebaran di internet, majalah dan buku resep. Tapi mami ga tertarik tuh, pasti requestnya ke saya ya yang tadi saya sebutkan tadi. Apalagi kakak kakak saya, jauh sebelum puasa udah pesen nastar, nastar keju, semprit coklat dan kastengel. Saya sih tinggal bilang iya, tinggal buat dan terima duit, hahahahaha. Jadi sampai sekarang saya belum pernah coba resep kue kering yang baru.

Untuk kue kering semprit coklat ini, saya setia dengan resep jadul buku resep mami. Pernah coba resep semprit coklat di salah satu tabloid majalah wanita terkenal, tapi ga cocok di lidah saya, mami dan keponakan. Akhirnya balik lagi ke resep jadul. Resepnya sendiri tersedia di buku Aneka Kue Kering, yang di terbitkan PT Gramedia Jakarta tahun 1990. Lama banget kan itu bukunya, dan harganya pun masih murah alias 6000 saja, hihihihi. Ini buku punya mami yang di wariskan ke saya.

Resep yang saya tulis di bawah ini sesuai dengan apa yang tertulis di buku tersebut. Judulnya yang sebeneranya adalah cokelat tiga bunga, tapi saya lebih suka menyebutnya semprit coklat. Untuk cara pembuatannya, yang saya tulis di bawah ini tidak sama dengan yang ada di buku. Karena dulu pas saya coba sesuai dengan yang dibuku, kue keringnya terasa keras. Nah, kemudian saya selalu mencoba, sehingga bisa menghasilkan kue kering yang renyah dan bagus teksturnya. Jadi cara pembuatan yang ada di bawah adalah ala saya ya. Happy baking......

Semprit Coklat

Bahan
110gr tepung terigu
3sdm coklat bubuk
65gr tepung maizena
2sdm susu bubuk
125gr mentega (saya 50 : 50, mentega : margarin)
2 kuning telur
100gr gula halus

Cara membuat
Ayak campuran tepung terigu, coklat bubuk, tepung maizena dan susu bubuk, sisihkan
Kocok mentega, margarin dan gula halus sampai tercampur saja, jangan terlalu lama, kira kira 2-3menit dengan kecepatan rendah
Masukkan kuning telur satu persatu sambil tetap di kocok. Kocok hanya sampai kuning telur tercampur saja dengan adonan mentega, jangan terlalu lama ya (jangan sampai mengembang)
Masukkan campuran terigu, aduk dengan sendok kayu sampai rata
Siapkan loyang kue kering, olesi margarin tipis saja
Masukkan adonan ke dalam piping bag, pasang spuit bentuk bunga, semprotkan di loyang (apabila susah di spuit pakai piping bag, pakai cara manual saja, alias, adonan masukkan ke spuit, terus tekan adonan dengan jempol)
Panggang dengan api sedang kurang lebih 20 menit atau sampai matang (tergantung oven)


Note :
Saya lebih suka adonan di semprot secara manual di loyang, ya itu menggunakan jempol, karena lebih cepat kerjanya. Berdasarkan pengalaman, adonan agak susah di spuit apabila pakai piping bag

Beda oven, beda waktu pemanggangan. Pengalaman ketika memakai oven listrik, waktu panggangnya cuma 15 menit. Pas saya coba panggang dengan otang (oven tangkring), bisa sekitar 20menit, terus loyang harus di putar putar agar kue keringnya matang merata. Karena itu saya bilang tergantung oven, bisa di coba sesuaikan dengan oven masing masing ya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar