Jumat, 06 Maret 2015

Fudge Brownies



Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah.....

Mari kita buat brownies. Tidak bosan kan dengan brownies? Kalau saya sih tidak, karena memang suka banget sama brownies, baik yang di kukus maupun yang panggang. Semenjak saya sudah bisa buat brownies sendiri, saya tidak pernah lagi beli brownies di luar. Untuk brownies yang akan saya share kali ini adalah versi panggang, namanya Fudge Brownies. Brownies ini sudah terkenal banget di dunia perbakingan. Saya mendapatkan resep ini dari blognya mba Ricke, dimana beliau menggunakan resep dari Martha Stewart.

Untuk resepnya sendiri menggunakan takaran dari luar negeri, tapi alhamdulillah, di blognya mba Ricke sudah di konversi dalam satuan gram, jadi lebih gampang dalam membuatnya. Dalam pembuatannya sendiri saya “agak sedikit gagal”. Kenapa? Karena saya waktu itu membuatnya menggunakan otang alias oven tangkring, dan saya meninggalkan panggangan. Jadi sedikit overbake deh. Soal rasa, no problemo, enaaaaaaak banget, rasa coklatnya membelai lidah, hahaha lebay.

Resepnya akan di tulis di bawah ini, tapi saya hanya membuatnya setengah resep saja ya. Untuk atasnya atau toppingnya, bisa menggunakan almond, kenari, chocolate chips, atau apa saja. Yuk mari.....

Fudge Brownies
Source : Mba Ricke – Martha Stewart

Bahan
120gr unsalted butter (saya pakai margarin)
130gr tepung terigu protein sedang
30gr coklat bubuk
½ sdt BP
½ sdt garam
225gr DCC cincang
250gr gula pasir
3 butir telur ukuran besar
Taburan (optional) : almond, kenari, kacang mede, dll

Cara membuat
Panaskan oven 180C. Siapkan loyang 22x22x4, olesi margarin, alasi kertas roti, oles lagi dengan margarin. Sebaiknya kertas rotinya agak di lebihkan sedikit dari ukuran loyang, supaya gampang mengeluarkan browniesnya dengan cara di tarik kertas rotinya
Campur dan ayak tepung terigu, coklat bubuk, BP dan garam, sisihkan
Lelehkan unsalted butter dan DCC dengan cara di tim, aduk sampai rata, matikan api, angkat
Masukkan gula pasir, aduk rata dengan whisker
Masukkan telur, aduk rata kembali, masukkan campuran tepung, aduk rata tapi jangan sampai overmix
Tuangkan adonan ke loyang, taburi atasnya dengan kacang kacangan, panggang selama 50-60 menit, bisa di cek dengan tes tusuk
Keluarkan dari oven, diamkan dulu selama 30 menit, angkat dari loyang, sajikan


Untuk saran saja, brownies lebih enak di santap apabila di inapkan dulu semalaman. Rasa legitnya semakin bertambah. Makan sepotong saja tidak akan cukup, hehehehe. Ow iya, karena saya buat setengah resep, saya menggunakan loyang brownies biasa yang 30x10x4. Happy baking.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar