Selasa, 10 Maret 2015

Semprit Cherry


Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah....

Posting kue kering lagi, kalau yang waktu itu semprit coklat, maka yang sekarang adalah semprit cherry. Soal resep tidak jauh beda dengan yang semprit coklat, hanya beda di takaran dan penghilangan coklat bubuk. Resep tetap menggunakan resep jadul, yang membuat saya tidak pindah ke lain hati, hehehehe. Semprit yang ini enak banget, kalau saya baru selesai memanggang ini kue kering, belum di taruh toples saja sudah di cemil para keponakan.

Untuk yang mau resepnya ini saya tulis, semoga cocok ya. Just info, resep dari buku Aneka Kue Kering, yang di terbitkan PT Gramedia Jakarta tahun 1990. Cara pembuatan semprit  berdasarkan pengalaman saya, jadi tidak sesuai dengan yang di tulis buku ya. Happy bakiiing......


Semprit Cherry

Bahan
150gr tepung terigu
100gr tepung maizena
50gr susu bubuk
150gr mentega (saya 50 : 50, mentega : margarin)
3 kuning telur
125gr gula halus
½ sdt vanili bubuk
Manisan buah cherry (saya pakai cherry merah)

Cara membuat
Ayak campuran tepung terigu, tepung maizena dan susu bubuk, sisihkan
Kocok mentega, margarin dan gula halus sampai tercampur saja, jangan terlalu lama, kira kira 2-3menit dengan kecepatan rendah
Masukkan kuning telur satu persatu sambil tetap di kocok. Kocok hanya sampai kuning telur tercampur saja dengan adonan mentega, jangan terlalu lama ya (jangan sampai mengembang)
Masukkan campuran terigu, aduk dengan sendok kayu sampai rata
Siapkan loyang kue kering, olesi margarin tipis saja
Masukkan adonan ke dalam piping bag, pasang spuit bentuk bunga, semprotkan di loyang (apabila susah di spuit pakai piping bag, pakai cara manual saja, alias, adonan masukkan ke spuit, terus tekan adonan dengan jempol)
Hias tengahnya dengan potongan manisan buah cherry
Panggang dengan api sedang kurang lebih 20 menit atau sampai matang (tergantung oven)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar