Kamis, 05 Maret 2015

Ayam Masak Kecap


Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah....

Mari kita masak sreng sreng sreng... masak apakah kita hari ini? Masak ayaaaaam... teriak keponakanku. Okeh beibeh, perintah segera di laksanakan. Kebetulan ayamnya sudah di sediakan oleh mami tercinta. Walaupun mami agak sedikit mengomel, karena si mang Ujang alias mamang sayur, memotong ayamnya terlalu kecil, hehehehe. Jadi ada sekitar 19 potong ayam yang kecil. Ya sudahlah tidak apa apa. Yang penting kan tetap masak ayam *wink*.

Untuk memasaknya, kita pakai bumbu yang standar saja. Tidak bukan di goreng, bukan juga di soto, bukan juga di opor. Bukan... bukan... tapi akan kita masak kecap. Kenapa saya tertarik masak itu? Hal ini di karenakan pada saat saya pulang kampung ke Kediri, saya di perkenalkan masakan ini sama Yumi. Siapa Yumi? Yumi itu adalah menantu kakaknya mami. Dan terkenal jago masak. Bahkan kadang kalau di rumah saya lagi malas masak, atau ada hajatan, pasti Yumi yang di minta masak.

Nah balik ke ayam kecap. Waktu saya mau pulang ke Bandung, seperti biasa mami minta di masakin masak sama Yumi. Alasannya, supaya pas sampai di Bandung tidak perlu masak, jadi masakannya tinggal di panaskan saja. Saya request minta di masakin ayam kecap dan sambal goreng tempe dan tahu. Ketika masakannya jadi, dan saya mencicipi ayam kecapnya, lho kok enak banget ya? Beda sama rasanya dengan ayam kecap yang pernah saya cicipi. Dalam perjalanan mengantar saya ke stasiun, saya menanyakan bumbunya ke Yumi. Rupanya simpel banget, cuma bawang merah, bawang putih, merica dan kecap. Benar benar standarlah, apalagi cara pembuatannya. Mungkin beda tangan beda rasa, kalau di tangan yang sudah pintar masak, rasa masakan apapun tetap maknyus.

Untuk resepnya saya akan saya tuliskan, tentu saja dengan modifikasi dari saya. Saran dari Yumi, lebih enak di tambahkan dengan bawang bombay dan irisan daun seledri. Ya, saya manut saja dengan menambahkan bahan tersebut ketika saya memasaknya. Tapi memasaknya ala saya ya karena ada yang saya tambahkan, yuk ini resepnya.

Ayam Masak Kecap
Ala Ocha

Bahan
1 potong ayam, di potong sesuai selera (mami membeli 1 ½ ekor ayam yang di potong jadi 19 potong kecil)
1 bawang bombay berukuran besar, iris iris
7 siung bawang merah, geprek kasar
5 siung bawah putih, geprek kasar
1 batang daun seledri, cincang kasar
Garam, gula, merica, kaldu bubuk secukupnya
500-700ml air
Kecap sesuai selera
1 sdm margarin blueband
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat
Ayam di rebus  dahulu, kemudian angkat, tiriskan, lalu goreng sebentar saja (sampai ada warna coklatnya saja)
Ambil bekas minyak sisa menggoreng ayam, tumis bawang merah dan bawang putih yang di geprek sampai harum
Masukkan ½ irisan bawang bombay, aduk sampai bawang bombay layu
Tambahkan air dan kecap sesuai selera, aduk supaya menyatu, masukkan ayam
Tambahkan garam, gula, merica dan kaldu bubuk, aduk rata, ketika sudah mendidih jangan lupa tes rasa
Masak sampai air sedikit menyusut, masukkan sisa bawang bombay dan irisan daun seledri, aduk rata lagi
Ketika sudah mau di angkat, masukkan 1 sdm margarin blueband, aduk rata, matikan api
Ayam masak kecap ala ocha siap di hidangkan


Ketika masakan ini di hidangkan, wah keponakan saya makan lahap banget. Senang banget saya melihatnya. Kalau saya sih memakan ayam ini dengan sambal terasi, hehehe biar makin mantap. Happy cooking semua.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar