Senin, 30 Maret 2015

Mousse Strawberry, Mango & Grape Blueberry


Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah.....

Setelah dulu sempat kecewa dengan mousse strawberry dan mangga yang tidak sesuai dengan harapan, saya mencoba untuk berinovasi sendiri menciptakan rasa yang pas. Mulai merancang rancang nanti pakai ini, nanti pakai itu, enaknya begini, dll. Terburu nafsu kemudian saya pun mulai mencari bahan bahan pembuat mousse yang saya khayalkan dan segera praktek.

Oke, pertama..... untuk mousse strawberry yang saya persiapkan adalah susu ultra rasa strawberry dan di tambahkan sedikit coklat putih, di campur dengan kocokan whipcream. Tidak lupa juga selai strawberry dan pasta strawberry di tambahkan di adonannya. Huuum nikmat ya kayaknya. Sebagai base cakenya saya kembali memakai cake vanilla.

Kedua.... untuk mousse mangga, saya kembali menggunakan minuman kemasan yang sudah jadi, yaitu buavita mini rasa mangga. Tentu saja di tambahkan sedikit coklat putih dan kocokan whipcream. Di tambah dengan beberapa tetes pewarna kuning, kelihatannya oke juga. Tidak lupa dengan selai mangga sebagai penguat rasa.

Ketiga.... untuk eksperimen saya ingin buat mousse rasa blueberry. Kenapa saya ingin buat itu? Pas beli buavita rasa mangga, eh di sebelahnya ada buavita rasa anggur, langsung teringat di rumah ada selai blueberry dan pasta anggur. Bagaimana kalau kedua rasa itu di gabung ya? Hayuk langsung beli untuk di coba.

Lengkap sudah belanjaan saya, saatnya untuk praktek di rumah. Langkah pertama adalah buat base cake vanilla. Untuk resepnya bisa pakai resep cake vanilla yang mana saja. Nanti ada salah satu postingan khusus cake coklat dan vanilla ya. Jadi sementara bersabar dulu, hehehe. Setelah  cake selesai, mari kita buat moussenya. Resep di bawah ini ya. Ow iya, saya buat mousse ini seperti biasa di cup, biar lebih simpel hiasnya, hehhehe.

All Of Mousse (Strawberry, Mango & Grape Blueberry)
Ala Ocha


Strawberry Mousse

Base cake
Cake vanilla yang di potong bulat

Mousse
1 kotak susu ultra mini rasa strawberry (125ml)
30gr coklat putih leleh
1sdt gelatin
1sdm selai strawberry
50gr whippedcream + 100ml air es
Pasta strawberry

Cara membuat
Hangatkan susu (jangan sampai berbuih), masukkan gelatin, aduk sampai gelatin larut menggunakan baloon whisk, angkat
Campur dengan coklat putih leleh, aduk rata
Kocok whipcream sampai setengah kaku, tambahkan larutan susu dan gelatin, kocok rata
Masukkan selai strawberry dan pasta starwberry, kocok lagi sampai rata, sisihkan
Tata cake vanilla bulat di dasar cup, tuang mousse strawberry, bekukan di frezzer
Setelah beku, hias dengan whipcream kocok dan serutan coklat


Mango Mousse

Base cake
Cake vanilla yang di potong bulat

Mousse
1 kotak buavita mini rasa mangga (125ml)
30gr coklat putih leleh
1sdt gelatin
1sdm selai mangga
50gr whippedcream + 100ml air es
Pewarna kuning

Cara membuat
Hangatkan sari buah mangga buavita (jangan sampai berbuih), masukkan gelatin, aduk sampai gelatin larut menggunakan baloon whisk, angkat
Campur dengan coklat putih leleh, aduk rata
Kocok whipcream sampai setengah kaku, tambahkan larutan sari buah mangga dan gelatin, kocok rata
Masukkan selai mangga dan beberapa tetes pewarna kuning kocok lagi sampai rata, sisihkan
Tata cake vanilla bulat di dasar cup, tuang mousse mangga, bekukan di frezzer
Setelah beku, hias dengan whipcream kocok dan serutan coklat


Grape Blueberry Mousse

Base cake
Cake vanilla yang di potong bulat

Mousse
1 kotak buavita mini rasa anggur (125ml)
30gr coklat putih leleh
1sdt gelatin
1sdm selai blueberry
50gr whippedcream + 100ml air es
Pasta anggur

Cara membuat
Hangatkan sari buah anggur buavita (jangan sampai berbuih), masukkan gelatin, aduk sampai gelatin larut menggunakan baloon whisk, angkat
Campur dengan coklat putih leleh, aduk rata
Kocok whipcream sampai setengah kaku, tambahkan larutan sari buah anggur dan gelatin, kocok rata
Masukkan selai blueberry dan pasta anggur, kocok lagi sampai rata, sisihkan
Tata cake vanilla bulat di dasar cup, tuang mousse anggur blueberry, bekukan di frezzer
Setelah beku, hias dengan whipcream kocok dan serutan coklat

Yak ketika mousse ini semua sudah jadi, wah cantiknya pikir saya waktu itu. Warnanya yang cerah dan ngejreng pasti menarik minat siapa saja yang ingin segera menyantapnya. Sebelum di santap, seperti biasa saya foto dulu sebagai dokumentasi. Nah begitu selesai saatnya mencicipi. Jreng jreng..... rasanya tidak sesuai dengan yang saya bayangkan, hahahaha. Oke, lebih enak yang ini dibandingkan dengan mousse strawberry dan mangga yang dulu saya buat. Tapi kok kurang greget begitu kata saya. Memang sih manisnya dapat, tapi ada rasa yang kurang menurut saya.

Ketika saya sodorkan kepada kakak kakak dan para keponakan, tanpa ba bi bu langsung di serbu. Kalau keponakan sih bilang enak saja, tapi kalau yang dewasa sependapat dengan saya, ada rasa yang kurang di moussenya. Oke... saya langsung menghubungi teman saya, dia berfungsi sebagai tester, hehehehe. Pendapatnya juga sama kayak saya, tapi dia bilang bikinin lagi dong, hallaaah.

Yah intinya saya masih belum berhasil menemukan rasa yang saya idamkan, tapi paling tidak mousse kali ini lebih baik daripada yang sebelumnya. Tinggal tunggu saja sampai saya menemukan rasa yang pas, hahahahaha. Yuk semua... happy baking.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar