Jumat, 03 April 2015

Sponge Cake

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah....


Sesuai janji saya waktu itu, yang di bahas kali ini adalah sponge cake. Pembahasannya sesusai dengan kapasitas saya saja ya, berdasarkan pengalaman. Soalnya kalau terlalu menyeluruh dan mendalam, wah saya belum semaster itu, hehehehe. Jadi dibahasnya ringan ringan saja. Pada dasarnya pembuatan cake itu ada yang basicnya sponge cake, butter cake atau cotton cake. Itu setahu saya ya, kalau ada yang lain bisa di tambahkan.

Sponge cake itu teknik pembuatan cake dimana telur dan gula di kocok terlebih dahulu sampai kental, baru ditambahkan bahan bahan lainnya. Bahan lainnya itu tepung terigu, coklat bubuk, dan lain lain, selain itu biasanya di akhiri dengan penambahan mentega/margarin leleh atau minyak goreng. Dalam pembuatan sponge cake ini biasanya di butuhkan tambahan pengelmusi seperti TBM, ovalet atau SP, yang berfungsi  sebagai pengembang kue atau membuat adonan kue menjadi homogen dan tidak mudah turun saat di kocok. Apabila tidak menggunakan bahan pengelmusi, bisa ditambahkan lagi beberapa kuning telur dalam jumlah telur yang di gunakan. Oh iya, pengelmusi ini juga berfungsi membuat kue menjadi lebih empuk.

Untuk basic cake ulang tahun, banyak yang lebih suka menggunakan teknik sponge cake ini. Dikarenakan teksturnya yang empuk dan tidak terlalu beremah. Rasanya yang tidak begitu manis, cocok dipadukan dengan manisnya buttercream atau dilapisi dengan fondant. Apabila menggunakan siraman ganache juga cocok kok, malah itu yang sering saya gunakan, hehehe. Maklum saya masih amatiran dekor cake.

Hal penting yang patut di perhatikan dalam pembuatan sponge cake ini menurut saya adalah pada saat pengocokan telur dan pada saat terakhir, yaitu pencampuran liquid ke dalam adonan. Pengocokan telur pada saat membuat cake benar benar harus kental berjejak dan ketika mixer diangkat, adonan akan turun seperti pita lentur. Bisa di pastikan itu kocokan telurnya udah oke. Nah, habis itu bisa di masukkan bahan keringnya, aduk balik dengan spatula, baru kemudian masukkan liquidnya (mentega/margarin leleh, minyak goreng). Ketika memasukkan bahan liquidnya, harus di pastikan aduk balik dengan baik, atau liquid benar benar tercampur ke adonan. PASTIKAN TIDAK ADA ENDAPAN LIQUID YANG TERSISA DI DASAR ADONAN!!! Bisa di pastikan itulah nanti yang akan membuat cake menjadi bantat.

Penjelasan kali ini panjang banget ya, bisa 2 atau 3 halaman lebih kayaknya nih, hahahaha. Tapi ya kayaknya itu saja yang bisa saya jelaskan. Karena seperti yang saya bilang di awal tadi, saya menulis ini berdasarkan pengalaman saya sendiri. Untuk resep sponge cakenya sendiri, saya menggunakan resep NCC, resep Pak Sahak Pribadi dan resep yang saya lupa siapa penulisnya (maaaaf). Resep sponge cake nya saya sertakan di bawah ini, tapi maaf kebanyakan adalah sponge cake coklat (i luv coklat). Tapi ada 1 resep sponge cake vanilla dasar yang saya sertakan juga ya, resep dari NCC. Yuk mari di lihat.....

SPONGE CAKE COKLAT 8 TELUR
by Fatmah Bahalwan (NCC)

Bahan
8 butir telur (ukuran sedang)
60 gr coklat bubuk
40 gr maizena
100 gr terigu protein rendah/sedang
1 sdm emulsifier (=15 gr)
100 gr mentega, lelehkan
200 gr gula pasir
1/4 sdt vanili

Cara membuat
Campur dan ayak terigu, coklat bubuk dan maizena, aduk rata
Kocok telur, gula dan emulsifier hingga mengembang dan kental
Masukkan campuran tepung sambil diayak, aduk hingga tercampur rata. Masukkan mentega leleh, aduk rata
Tuang dalam loyang. Oven dengan suhu 180'C hingga matang

SPONGE CAKE COKLAT PAK SAHAK
Sumber : Facebook NCC

Bahan A
7 butir telur ayam
150gr gula pasir
1sdm emulsifier

Bahan B
150gr tepung terigu
30gr tepung maizena
40gr susu bubuk
40gr coklat bubuk
Bahan C
150gr margarin cair

Cara membuat
Kocok bahan A hingga putih dan mengembang selama 5-7menit
Masukkan bahan B ke dalam bahan A, aduk hingga rata
Masukkan bahan C ke dalam adonan, aduk hingga rata
Tuang ke loyang ukuran 22cm x 7cm yang telah dialasi kertas roti
Panggang selama 25menit atau sampai matang dengan suhu panas api 170’C
Setelah matang angkat dan keluarkan segera dari loyang

Tips dari Pak Sahak
Kalau tidak mempunyai loyang di atas, bisa juga pakai loyang kue kering 22x3cm
Kalau tidak punya susu bubuk bisa di ganti dengan SKM (Susu Kental Manis)

SPONGE CAKE VANILLA NCC

Bahan
8 butir telur utuh
200gr gula pasir
225gr tepung terigu protein sedang
1 sdm TBM
100gr margarin, lelehkan
1 sdm essence vanilla

Cara membuat
Kocok telur dan gula sampai naik, masukkan cake emulsifier, kocok terus hingga kental berjejak
Tuang tepung terigu sambil diayak secara bertahap, aduk rata
Masukan margarin cair, aduk rata
Masukkan esence vanilla, aduk rata
Tuang kedalam loyang cincin diameter 24 – 26 cm
Panggang dengan suhu kira kira 160 derajat celcius hingga matang, lakukan tes tusuk dengan lidi bersih, bila sudah nampak kuning kecoklatan dan kalis, angkat
Dinginkan, bisa dihias sesuka hati

Resep di atas, langsung saya tulis berdasarkan websitenya ya, yang di bawah ini adalah resep sponge cake coklat yang saya lupa pemiliknya. Sekali lagi maaf kepada si pemilik resep. Buat tambahan saja, sponge cake lebih enak kalau dimix antara mentega dan margarin. Jadi dapat wangi dari mentega dan tekstur kokoh dari margarin. Tapi kalau margarin saja juga tidak masalah, bahkan saya kalau kumat malas mencairkan margarin, pakai minyak goreng yang ada di rumah, hahahaha. Tapi kualitas bagus lho minyak gorengnya. Yak itu saja tambahannya.

SPONGE CAKE COKLAT (andalan saya nih)
Sumber : lupa

Bahan
6 butir telur
150gr gula
125gr tepung terigu
25gr coklat bubuk
75gr mentega/margarin cair
½ sdm TBM
½ sdt vanili bubuk

Cara membuat
Sama dengan yang ada di atas, oven 180’C selama 30 menit. Untuk ukuran loyang bulat diameter 20cm

1 komentar:

  1. Sore mba..salam kenal ya..sy ifo 😁
    Mba mau tanya dong,utk yg telur 6 kira2 pas gak pake loyang 24x24x4 ? Terus kalo mau pake loyang bulat uk 18 kira2 pake setengah resep yg mana ? Terimakasih sebelumnya ya mba..

    BalasHapus