Selasa, 28 April 2015

Pastel Renyah

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah.....


Cemilan pastel ini saya buat hari Senin kemaren untuk buka puasa. Sebelumnya saya sudah pernah buat pastel, tapi tidak puas karena kulitnya melempem setelah di goreng. Pas paginya langsung browsing cari resep pastel, langsung mendarat di blognya mba Rachmah Setyawati, di situ ada resep pastel renyah yang fotonya menggoda sekali. Langsung di putuskan saya pakai resep itu saja, hehehehe. Alasan saya memilih resep itu karena tidak memakai telur – irit telur nih maunya.

Sebelum mengerjakan pastel itu saya mengucapkan bismillah dulu, supaya berhasil. Mulai buat isiannya pastel dulu, menggunakan bahan yang ada di rumah saja, jadi isinya cuma soun, wortel, daun bawang dan telur rebus. Untuk bumbunya bawang merah dan bawang putih, takarannya juga asal cemplang cemplung saja. Karena lagi puasa, saya tidak berani kasih garam banyak, takut asin, jadinya di kira kira juga. Soal rasanya bagaimana itu nanti sajalah. Oke untuk resep kulitnya saya share di bawah ini....

Kulit pastel renyah
Oleh mba Rachmah Setyawati
Sumber resep : Ibu Lucia Bintoro

350gr tepung terigu protein rendah (saya pakai protein sedang)
Sedikit garam
80gr margarin
100cc air, didihkan, biarkan panas
75cc minyak goreng

Cara membuat
Masukkan margarin dalam air panas, biarkan meleleh, beri garam, aduk rata
Masukkan minyak goreng, aduk rata. Biarkan agak dingin
Masukkan bahan cair ini secara bertahap ke dalam tepung terigu, aduk dengan sendok kayu/spatula, hentikan bila adonan sudah kalis, tidak lengket di tangan. Diamkan sejenak adonan
Ambil segumpal bagian adonan, gilas tipis, bentuk bulat, beri adonan isi, tangkupkan kulitnya, tekan tekan bagian pinggiran kulit pastel, pilin rapi
Goreng pastel dengan api sedang hingga matang, angkat, tiriskan       

Ini ada tips dari Mba Rachmah
Untuk kulitnya, kalau bisa jangan terlalu diuleni, cuma di aduk merata saja
Setelah itu langsung gilas tipis, harus tipis ya, jangan takut robek pas digoreng, asalkan tidak ada lobang /robekan pada kulitnya saat mengisi adonan isian

Kedua, saat menggoreng, tipsnya, jangan hanya digoreng dibolak balik saja, tapi itu pastel begitu masuk minyak langsung disiram siram juga dengan minyak gorengnya saat masuk, jadi dia akan langsung menggembung cantik

Untuk isinya, saya pakai duo bawang alias bawang merah dan bawang putih yang di cincang halus, kemudian di tumis. Terus masukkan potongan wortel yang di bentuk dadu, tambahkan merica, pala bubuk, garam, gula dan sedikit penyedap. Terakhir masukkan soun yang sudah di rendam air panas, aduk rata, kemudian masukkan irisan daun bawang. Masak sampai matang. Angkat dan dinginkan.


Setelah saya praktekkan, memang cantik lho bentuk dan kulit pastelnya, terus kulitnya juga menggembung.  Pas saya tekan kulitnya, memang renyah. Nah begitu magrib, saatnya pembuktian, hehehehe. Wuih begitu di gigit, memang renyah, kres kres gitu, cuma sayang isiannya kurang asin, wkwkwkwkwk. Maklum tadi pas buat lagi puasa, jadi bisa di maklumi kan? Next time, kudu betterlah... plus saya juga harus bisa seragam nih buat ukurannya. Tadi ada yang besar dan kecil sih ukurannya.

Ow iya, satu lagi, pastel ini juga di bantu lho sama mami dalam pembuatannya. Karena saya tidak ahli dalam memilin pinggiran pastel, jadi tugas memilin saya serahkan kepada mami. Love u so much mom....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar