Minggu, 19 April 2015

Krengseng Daging ala Mami

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah....


Punya daging di rumah dan bingung mau di masak apa? Coba masakan yang simpel ini.... namanya krengseng daging ala my mom. Krengseng daging sendiri sebenarnya bumbunya lumayan banyak, ada yang memakai pala, jahe, cengkeh, dan sebagainya. Walaupun bumbu utamanya tetap saja bawang merah, bawang putih, tomat dan kecap. Disini karena ala mami, jadinya lebih simpel.

Seperti di ketahui, mami sangat menyukai masak yang gampang. Kalau lihat bahan pembuatan masakan yang ribet, di jamin malas di buat. Berbanding terbalik dengan saya, yang menguasai masakan simpel dan masakan ribet. Tapi tergantung juga sih, kan saya pada dasarnya pemalas, hehehehe. Nah, mami membuat krengseng daging ini dengan caranya sendiri yang sederhana tapi rasanya enaaaaak banget menurut keluarga kami. Ya, mami membuatnya hanya dengan bumbu dasarnya saja.

Jujur saja, diantara anak dan menantu mami, masakan saya yang rasanya mendekati masakan mami. Padahal mami tidak pernah mengajari saya masak. Saya diajari masak oleh pembantu yang mengasuh saya waktu kecil. Cuma saya terbiasa dan senang melihat orang masak, sehingga tanpa sadar hafal bumbu yang di gunakan.

Kakak perempuan dan kakak ipar saya pernah mencoba membuat krengseng daging ini, dan alhamdulillah rasanya beda, wkwkwkwk. Padahal bumbu dan step step pembuatannya mereka meniru plek dari saya. Sampai sampai anak mereka mengatakan, “Kok rasanya beda dengan buatan tante Ocha, yang ini kurang rasanya”. Sehingga urusan memasak krengseng daging ini selalu di serahkan kepada tantenya tercinta ini, hehehe. Untuk resepnya ini saya sertakan dibawah ini.


Krengseng Daging
Ala Mami

Bahan
500gr daging sapi has dalam, iris melintang
500ml air
Kecap manis secukupnya (kira kira 5 sendok sayur)
Garam, gula dan merica secukupnya
Minyak goreng untuk menumis

Bumbu halus
8 siung bawang merah
6 siung bawang putih
1 buah tomat

Cara membuat
Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum, masukkan daging, masak sampai daging berubah warna dan mengeluarkan sedikit air
Tambahkan kecap manis dan air, aduk rata. Masukkan garam, gula dan merica, masak sampai daging empuk dan kuah sedikit menyusut
Matikan api, angkat dan hidangkan

Note
Apabila air sudah habis dan daging belum empuk, bisa tambahkan lagi airnya (disarankan pakai air panas), dan masak sampai daging empuk (jangan lupa tes rasa) ------------ saya kadang memasaknya antara 45menit-1jam sehingga bumbunya benar benar meresap ke daging

Untuk kecap sesuai dengan selera saja. Bisa di tambahkan kalau kurang pekat (kadang saya suka menambahkan lagi apabila merasa kurang pekat warna hitamnya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar