Jumat, 10 April 2015

Potato au Gratin

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah....


Potato au Gratin, makanan yang berasal dari Perancis, yang mirip dengan schotel. Biasanya sih yang suka di buat gratin ini ya kentang. Ini saya kutip dari blog Teh Nicke Dkania Hosein (salah satu blog terkenal yang suka saya intip), ”Gratin” atau grate ( memarut kasar) dalam bahasa culinaire lebih kepada keju parut kasar lalu dipanggang hingga kecoklatan, lalu sang keju pun bisa dalam jenis keju apa saja sesuai pilihan (parmesan, gruyere, chedar, atau mozarela) apa aja deh..selama itu memasak kita bisa keluar dari pakem nya.

Nah berarti potato au gratin itu kentang yang di tabur dengan keju lalu di panggang. Banyak resep potato au gratin yang bertebaran. Ada yang kentangnya di kukus, ada yang di rebus, bahkan juga ada yang mentah ketika dalam pembuatan gratin. Bahkan untuk resep saus kejunya sendiri juga banyak versi, begitu juga dalam pembuatannya.

Saya menerjemahkan sendiri dalam pembuatan potato au gratin ini. Kentangnya saya pilih di kukus dulu sampai matang, kemudian saya iris tipis tipis. Kemudian saya siram dengan saus keju / bechamel. Saya susun 3 lapis kentangnya, dan terakhir saya siram seluruhnya dengan saus keju, kemudian di panggang. Ketika di panggang bau keju yang menyebar di seluruh rumah membuat saya lapar, hehehehe.

Potato au Gratin

Bahan
500gr kentang, kukus matang, iris tipis
1 blok keju cheddar, parut

Saus putih
2sdm margarin
500ml susu cair
3,5sdm tepung terigu munjung
Garam, merica, oregano dan pala bubuk secukupnya

Cara membuat
Campur jadi satu tepung terigu dan susu, aduk rata, sisihkan
Lelehkan margarin, masukkan campuran terigu dan susu, aduk rata
Masukkan garam, merica, oregano dan pala bubuk, aduk rata, cicipi rasanya
Masak sampai saus putih meletup, matikan api, angkat

Penyelesaian
Siapkan pyrex/pinggan tahan panas atau alumunium foil
Susun irisan kentang kukus di atasnya, siram dengan saus putih, taburi keju parut
Susun kembali irisan kentang kukus, siram dengan saus putih, taburi kembali dengan keju parut
Terakhir susun kentang kukus, siram dengan saus putih, lalu panggang dengan suhu 180’C selama 15 menit. Keluarkan gratin, taburi keju parut yang tersisa, panggang kembali sampai kecoklatan
Angkat, hidangkan.... hmmm yummi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar