Jumat, 10 April 2015

Ayam Bakar

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah....


Siang semua.....  apa menu makan siangnya hari ini? Kalau saya buat ayam bakar permintaan dari mami tercinta. Untuk resep ayam bakarnya saya lihat di blog mba nina di catatan-nina.blogspot.com. Sudah cocok sama resep ayam bakar beliau, jadi sering banget buat ini. Resepnya saya tuliskan dibawah. Sedangkan untuk sambel terasinya, itu di kirim dari tetangga sebelah jadi untuk sambelnya no resep, hehehe.

Berhubung Bandung hari ini panasnya menyengat, jadi mohon di maafkan dengan kata kata yang seadanya ini (ga kuat panasnya booooo). Begitu juga dengan foto yang seadanya ini. Tapi yang pasti ayam bakarnya memang ada, hahahaha. Yuk ah silakan di coba, happy cooking.....

Ayam Bakar
Sumber : catatan-nina.blogspot.com

Bahan
1 ekor ayam ukuran sedang, potong sesuai selera
750ml air kelapa (saya pakai air biasa)
2 helai daun salam
2 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
3cm lengkuas, memarkan
1-2 sdt air asam jawa (saya 2 sdm air asam jawa)
Garam dan gula pasir secukupnya (saya garam dan merica)

Bumbu halus
8 siung bawang merah
6 siung bawang putih
2 sdt ketumbar bubuk
100gr gula merah


Cara membuat
Letakkan potongan ayam di wajan, tambahkan bumbu halus, daun salam, lengkuas dan serai, kemudian tuangkan air
Masak hingga mendidih, kemudian tuangkan air asam jawa dan bumbui dengan garam dan merica
Masak hingga bumbu meresap dan air menyusut. Matikan api
Panggang ayam di atas bara api atau oven (saya pakai happy call) hingga kecoklatan, angkat
Sajikan dengan sambal terasi dan lalapan

Note : waktu memanggang ayam, ayamnya saya olesi kembali dengan air sisa rebusan ayam + 2 sdm kecap manis, dan membuat penampilan ayam bakarnya jadi terlhat lebih bagus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar