Senin, 13 April 2015

Sus Tower for Birthday

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah....


Baru menyadari kalau setiap saya buat kue ulang tahun untuk mami, kakak dan keponakan.... saya tidak pernah mengabadikan foto mereka bersama kuenya. Ada sih beberapa yang saya foto bersama kuenya, tapi jarang banget. Seringnya hanya foto kuenya saja. Dasar anak, adik dan tante yang aneh saya ini. Pecat jadi keluarga........., hahahaha. Ups mana mungkin, yang bisa buat kue kan cuma saya di keluarga ini, hehehehe.

Back to basic, alias kembali ke ulang tahun. Kali ini yang saya tampilkan adalah kue ulang tahun kakak kedua saya. Kenapa saya tampilkan? Karena kebetulan ada fotonya. Sebenarnya di bilang kue ulang tahun tidak tepat banget sih, malah lebih cocoknya kue sus ulang tahun. Sus? Iya kue sus, pastry yang ada isinya vla itu lho. Kue itu yang saya jadikan sebagai hadiah untuk kakak saya.

Memilih sus karena waktu itu lagi males banget ngedekor, dan sebagainya. Pengennya yang simpel dan ga perlu kocok krim ini, tidak perlu oles itu, intinya yang gampang, murah dan enak, hehehe. Tercetuslah ide buat sus tower. Itu lho sus yang dibentuk menjulang ke atas kayak menara. Pas di sampaikan ide itu ke mami, mami mah setuju aja, da doyan sus, hehehe.

Singkat cerita kue susnya sudah selesai dibuat dan sudah di isi vla. Nah, dari situ saya mulai berpikir bagaimana ngehiasnya biar tetap wah. Sengaja adonan susnya ada yang saya buat bentuk sus biasa dan bentuk eclair (yang panjang itu lho). Niatnya eclairnya sebagi tatakan di bawah yang menopang sus di atasnya. Tapi kok penampilan susnya biasa banget ya, hanya warna kuning gitu aja.

Mulai cari ide... dan dapatlah idenya. Susnya di bagian atas saya celup coklat leleh. Terus begitu coklatnya set, saya corat coret atasnya dengan coklat leleh warna ungu. Setelah itu baru saya susun sus membentuk menara. Biar makin cantik, saya taburi susnya dengan gula halus, kayak salju nih maunya. Biar makin cerah, 3 cherry merah saya sematkan diantara tumpukan susnya. Not bad, cantik juga. Yang pasti kakak saya senang liat kue ultahnya beda dengan yang biasa. Jarang jarang saya buat sus di bentuk sedemikian rupa, hehehehe. Yang mau resep sus dan vlanya saya tulis di bawah ya.... happy baking...

                                   ini kakak saya & para keponakan saya

Sus Tower for Birthday 
Resep sus : Chef Barra        

Bahan
250ml air
120gr mentega (saya pakai margarin)
¼ sdt garam (saya skip)
150gr tepung terigu (saya mix protein tinggi dan sedang)
4 butir telur
1/2 sdt vanili bubuk

Cara membuat
Masak air, vanili bubuk dengan margarin sambil diaduk hingga mendidih
Masukkan terigu dan aduk cepat hingga kalis, matikan api, tunggu hingga dingin
Masukkan telur satu persatu sambil di kocok rata (saya tidak pakai mixer, cara manual – dengan sendok kayu)
Masukkan dalam kantong segitiga, gunting ujungnya dan semprot di loyang bersemir margarin (saya membentuknya ada yang sus biasa, ada yang berbentuk eclair)
Panggang dalam oven 200’C selama kurang lebih 25 menit atau sampai matang (sampai buih di kue susnya hilang)

Vla sus
500 ml susu
2 kuning telur
100 gr gula
50 gr maizena
1sdt vanili bubuk

Cara membuat
Larutkan maizena dengan sebagian susu, masukkan kuning telur, aduk rata
Rebus sisa susu dengan gula dan vanili bubuk, ketika sudah hangat, ambil 2 sendok sayur rebusan susu, campur ke larutan maizena+telur, aduk rata
Tuang kembali larutan maizena tadi ke rebusan susu, masak hingga kental dan meletup, matikan api, dinginkan

Penyelesaian
Ambil sus, belah 2 kulitnya jangan sampai putus, semprotkan vla di dalamnya
Lelehkan dark chocolate, celupkan bagian atas sus ke coklat
Lelehkan coklat berwarna ungu, masukkan ke pipig bag, potong ujungnya, dan corat coret bagian atas sus yang di celup coklat
Susun sus dan eclair hingga berbentuk menara
Taburi gula halus ke seluruh permukaan sus
Sematkan cherry merah di tumpukan sus
Sajikan......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar