Kamis, 16 April 2015

Blackforest Cupcake Kukus for Gift

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah....


Cupcake yang saya tulis ini sebenarnya adalah cupcake lama yang di buat bulan Januari 2015, dan baru di posting sekarang. Lama banget ga tuh.... kalau menurut saya sih engga, karena ada file foto dan resep yang dari tahun 2014, yang sampai sekarang belum saya tulis, hehehehe.

Seperti biasa... saya menerima kabar dari teman yang mengatakan bahwa dia sudah melahirkan. Disitu kadang saya merasa sedih, hahahaha. Kapan ya saya menikah dan punya anak? Hik hik... lho kok malah curhat colongan? Wkwkwkwk. Ya sudahlah, Allah Maha Mengetahui, mungkin sekarang belum di kasih jodohnya. Masih curhat nih? Sempet sempetnya, hehehehe.  Gapapa dong ya, kan ini blog pribadi.

Oke, kembali ke cupcake... saya waktu itu mau kasih kado apa? Teman yang lain sudah beli kado. Mau kasih duit, duh lagi bokek. Jalan keluarnya ya kasih kue saja sesuai dengan bidang saya. Kalau di kasih kue tart, duh mana saya harus naik ojek ke rumahnya, susah bawanya. Plus bujet buat kuenya kan lumayan kalau tart... *edisi pedit. Bagaimana kalau cupcake saja? So simple dan pretty kan? Sudah di putuskan buat cupcake saja.

Kebetulan pas lagi browsing ketemu cupcake yang terbuat dari blackforest kukus. Ketemunya di blog http://bukucatatanresep.blogspot.com/2011/05/blackforest-cupcake-kukus.html, cocok banget bahannya dengan yang ada di rumah saya. Terus kuenya di kukus, kebetulan saya memang lagi senang yang di kukus. Yuk mari buat. Untuk info saja... saya hanya buat cupcakenya saja, sedangkan untuk buttercreamnya saya pakai resep ngasal saja disesuaikan dengan bahan yang ada. Resep yang saya tulis di bawah ini cupcakenya saja ya. Kalau mau lihat yang aslinya bisa klik di blog yang saya infokan diatas.

Blackforest Cupcake Kukus
Sumber : http://bukucatatanresep.blogspot.com/

Bahan
4 butir telur
100 gram gula pasir
1/2 sdt garam
1/2 sdm emulsifier (SP/TBM)
1/2 sdt baking powder
100 gram tepung terigu protein sedang
30 gram coklat bubuk
30 gram minyak goreng
50 ml susu cair
1/2 sdt coklat pasta

Cara membuat
Kocok telur, gula pasir, garam, dan emulsifier sampai mengembang. Masukkan tepung terigu, coklat bubuk dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata
Masukkan campuran minyak goreng, susu cair dan coklat pasta sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan
Tuang di cup untuk cupcake
Kukus 12 menit di atas api sedang sampai matang, dinginkan

Topping atas : 50gr DCC (dark cooking chocolate) di lelehkan

Buttercream ngasal ala saya
100gr mentega putih
50gr margarin
1 sdm susu bubuk
200ml susu kental manis
Cara membuat : kocok semua bahan sampai tercampur dan halus

Penyelesaian
Oleskan lelehan DCC di atas setiap cupcake, kemudian hias dengan buttercream dan parutan coklat batang dan potongan cherry merah


Sebagai tambahan, saya menanyakan nama anaknya teman yang baru di lahirkan. Dan namanya adalah Babur Jalaludin Muhammad Nirwana, hehehehe ketahuan penggemar Jodha Akbar tuh temen saya. Nama anaknya tersebut saya cetak di cetakan coklat dan saya pasang di cupcake yang di buat, plus untuk mempercantik saya tambahkan coklat love. So sweeeeet. Yuk buat cupcake sebagai hadiah, tidak kalah lho sebagai kado. Happy baking semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar