Minggu, 05 April 2015

Buttermilk Muffin

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah...


Yuk buat muffin lagi. Tergila gila nih sekarang buat muffin, sejak pertama kali berhasil membuatnya. Tetap muffin coklat tapi dengan resep yang berbeda. Kali ini saya menggunakan resep dari mba Ricke, yang sudah tidak diragukan lagi kemampuan bakingnya. Ketemunya resep ini kembali di facebook NCC, hehehehe, yang kebetulan di share sama salah satu  anggota NCC juga.

Pas baca resepnya, hmmmmm tidak begitu susah buatnya, langsung eksekusi untuk cemilan minggu siang. Nguprek bentar di dapur dan taraaaa muffin lezat siap di santap. Tester pertama seperti biasa keponakan tersayang, dan bilang uenak banget. Terus bagiin deh ke para kakak, dan komentar mereka juga enak. Tibalah giliran saya untuk mencicipinya, dan benar lho rasanya enak, terus muffin ini juga lembut. Tapi kalau boleh jujur, saya pribadi lho ya, saya lebih suka muffin yang pertama kali saya buat, yang resepnya ini.  Resep muffinnya saya tulis di bawah ini, cekidot. Happy bakiiiing....


Buttermilk Muffin 
sumber : Bunda Ricke

Bahan
100gr mentega (saya pakai margarin)
100gr DCC cincang kasar
100ml susu cair/buttermilk (saya pakai susu)
2 butir telur, kocok lepas
175gr tepung terigu (saya pakai segitiga biru)
15gr coklat bubuk
100gr gula pasir
1 sdt baking powder (saya pakai BPDA)
1 sdt soda kue
½ sdt garam
100gr chocolate chips (saya seadanya saja)

Cara membuat
Panaskan oven 200’C (api besar). Siapkan loyang muffin, alasi papercup, sisihkan
Lelehkan mentega di atas api kecil. Masukkan DCC cincang, aduk hingga coklat cukup meleleh sebagian kemudian matikan api. Aduk rata hingga seluruh coklat meleleh dan tercampur rata dengan mentega. Masukkan susu cair/buttermilk. Aduk rata, sisihkan hingga agak dingin
Masukkan telur ke dalam campuran coklat, aduk rata, sisihkan
Campur dan ayak tepung terigu, coklat bubuk, baking powder, soda kue dan garam. Masukkan gula, aduk rata
Tuang adonan coklat ke dalam campuran tepung, aduk dua atau tiga kali cukup sampai tercampur dan tepung jadi basah saja. Jangan overmix mengaduknya
Masukkan chocolate chip, aduk rata
Masukkan ke dalam papercup/cetakan muffin hingga ¾ penuh. Panggang dalam oven panas 200’C hingga mengembang naik, kurang lebih 15 menit. Turunkan suhu oven menjadi 180’C, panggang kembali 10 menit (total waktu pemanggangan 25menit)
Keluarkan dari oven, sajikan hangat

Note :
saya memakai susu di karenakan tidak ada jeruk nipis di rumah. Apabila ada yang punya jeruk nipis di rumah, bisa buat buttermilk sendiri. Caranya tambahkan 1 sdm jeruk nipis ke dalam susu yang di gunakan dalam resep. Tunggu sebentar sehingga bentuk susu sedikit lebih kental, dan buttermilk siap di gunakan. Buttermilk ini sendiri membuat tekstur muffin menjadi empuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar