Senin, 06 April 2015

Pavlova

Assalamu’alaikum Wr Wb
Bismillaah....


Ketika lihat foto ini di file, saya jadi tertawa sendiri. Kenapa tertawa? Karena teringat sama tekstur kue ini yang lueeeengkeeet banget ketika di makan, hahaha. Ya sebenarnya itu salah saya sih kenapa itu kue bisa lengket, hehehehe. Nah bagi yang belum tahu nama kue ini..... namanya adalah Pavlova. Cantik ya namanya? Pavlova itu sendiri dibuat dari putih telur yang di kocok dengan gula dan di panggang dengan suhu rendah. Waktu panggangnya lama banget deh, bisa sampai 60 menit.

Pavlova sendiri rasanya manis, makanya cocok di makan dengan yang asem asem. Kebetulan ada buah strawberry di kulkas, jadinya pakai itu saja deh. Yang mau resepnya silakan di bawah ini. Lumayan lho buat habisin stok putih telur ketika menjelang lebaran, hehehe. Soalnya lebaran itu identik dengan kue kering, dan identik dengan pemakaian kuning telur, jadi bisa di pastikan putih telur berlimpah.

Pavlova
Sumber : Hesti’s Kitchen

Bahan
2 putih telur
120gr gula halus
1/8 sdt garam
1 sdt maizena
¼ sdt vanila bubuk

Filling
30gr whipped cream bubuk + 60ml air es (kocok kaku)
Strawberry potong

Cara membuat pavlova
Dalam wadah yang bersih, kocok putih telur sampai berbusa sekitar 1 menit
Tambahkan gula sedikit demi sedikit sambil di kocok terus dengan kecepatan tinggi samapi soft peak atau jambul petruk
Sambil terus di kocok, tambahkan maizena dan vanili. Matikan mixer
Sendokkan adonan dalam loyang beralaskan silipat (saya pakai 2 loyang brownies ukuran 22x10x4 yang di alasi kertas roti)
Panggang dalam oven panas 250’F sekitar 25 menit (saya pakai suhu 150’C selama 60menit), sampai warna pavlovanya berubah menjadi krem pucat. Matikan api dan biarkan dalam oven (saya langsung di keluarkan, makanya jadi agak lengket, tidak kres kres ketika di makan)
Letakkan pavlova di atas piring, oles dengan whipped cream kocok, tata buah strawberry di atasnya, tutup dengan pavlova lagi, taburi atasnya dengan gula bubuk, sajikan
Sebaiknya pavlova langsung di konsumsi, karena meringue akan menyerap cairan dari whipped cream dan membuatnya menjadi lembek

Note :
250’F = 125’C
Untuk filling saya inisiatif sendiri di oles diantara 2 pavlova. Rata rata yang saya lihat, creamnya di oles di atas pavlovanya. Beda boleh dong, hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar