Kamis, 30 April 2015

Banana Chocolate Muffin

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah....


Kembali dengan muffin, dan seperti biasa muffin coklat dong, secara saya penggemar coklat. Saya menemukan resep ini di NCC, banyak yang sudah mencoba resep ini. Saya langsung bookmark resep ini dan menunggu waktu yang tepat untuk mengeksekusinya. Eeeh, pas di kasih sama saudara pisang ambon yang sudah matang, tunggu apalagi besoknya langsung di eksekusi.

Untuk resepnya sendiri, ini memang di panggang, tapi saya pernah baca juga di facebook NCC, ada beberapa member yang mencoba mengukusnya dan berhasil juga. Karena saya masih baru mencobanya, saya tetap mengikuti resep asli, di panggang. Dan ternyataaa..... eng ing eng... muffinnya uenak banget. Plus rasa manisnya pas, dan pisangnya terasa banget. Rasa coklatnya juga cukup di mulut saya. Ketika saya bagikan ke keponakan saya, pada minta tambah. Hadeuuuh secara tantenya juga pengen nambah.

Kelihatannya ini muffin bakal jadi resep andalan kalau saya lagi malas pakai mixer, tinggal cemplang cemplung, aduk dan panggang. Terus resep ini juga irit telur, hihihi, as usually lagi pelit. Yuk buat muffin coklat pisangnya, dan rasakan enaknya.... bukan promosi lho.

Banana Chocolate Muffin
Sumber : Bunda Pipit Anwar Cowan (NCC)

Bahan
230gr (1 3/4 cup) terigu serba guna
30 gr (1/4 cup) coklat bubuk
3/4 cup (150 gr) gula pasir
1/2 cup ( 113gr ) butter atau mentega, cairkan dan dinginkan ------- saya pakai margarin
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh baking soda
1 sendok teh baking powder
3 buah pisang Cavendish ( bisa pisang ambon) dicacah pake garpu, tidak usah sampe halus -------- saya pakai 4 buah pisang ambon
1 sendok teh vanilla -------------- saya pakai vanila bubuk
Chocochips secukupnya
2 buah telur ukuran besar, kocok merata

Cara membuat
Panaskan oven suhu 350° F atau 170°C, siapkan cetakan muffin
Di wadah besar campur tepung terigu, garam, baking powder, baking soda dan coklat bubuk, aduk rata, kemudian masukkan gula
Dalam wadah lainnya campur pisang, butter dan telur, aduk rata, campurkan vanilla
Tuang adonan pisang ke dalam adonan terigu, aduk pakai spatula atau sendok kayu, aduk hanya sampe merata. Biarkan masih bergerindil. Tidak perlu sampai halus!!!
Tuang adonan ke cetakan, taruh chocochips diatasnya, panggang sekitar 20-25 menit
Lakukan tes tusuk, kalau sudah tidak menempel, angkat dan sajikan hangat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar