Sabtu, 11 April 2015

Orange Cheese Cake

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah....


Cheese cake ini saya buat dalam rangka kumpul keluarga. Ada accident dalam pembuatan cake ini, yaitu saya terlalu ceroboh tidak mempersiapkan bahan bahannya. Saya buat cheese cakenya bukan versi baked ya, tapi andalan saya alias versi unbaked. Rencana awal, cheese cake ini diatasnya akan saya berikan topping buah peach potong yang akan di glaze dengan agar bening. Tapi itu hanya rencana ternyata, hik hik hik.

Berawal dari kecerobohan saya yang tidak mengecek bahan bahannya terlebih dahulu. Ketika cheese cakenya sudah siap dan tinggal di dekor, saya mulai membuka kulkas untuk mengiris buah peachnya. Dan ternyataaa...... peachnya tidak ada!!!! Apakah hilang di ambil maling? Bukan... hilang di ambil kucing? Itu lebih bukan.. hahahaha. Yang benar adalah peachnya sudah saya pakai untuk buat pie, dan saya lupa menyisakannya untuk cake ini. Gedubraaaaak.....

Acara keluarga sebentar lagi di mulai. Lirik kulkas lagi, cuma ada 5 buah strawberry dan 5 buah jeruk mandarin, mana cukup buat ngehias cake ini yang diameternya 18cm. Mau hias dengan whipcream, eeeeh cuma ada 20gr dong, makin ga cukup lagi. Jadi kesimpulannya? Saya bengong selama 30 menit di dapur, hahahahaha.

Kepepet adalah ilmu yang berguna. Hal itu berlaku bagi saya. Setelah diam cukup lama, kemudian langkah kaki mengantar kembali ke kulkas. Buka kulkas, mata langsung tertumbuk sama minuman buavita rasa orange/jeruk. Langsung ambil, tuang ke panci, tambahkan 5 sdm gula pasir, rebus sebentar, dan di kentalkan dengan larutan maizena (saya terlalu banyak menuangkan larutan maizena), jadinya kenyal banget. Begitu dingin langsung tuang ke atas cheese cake. Wah jadinya cantik, langsung buru buru susun strawberry dan jeruk mandarin, tampak makin oke. Begitu di hidangkan di keluarga ada rasa banggga karena pada takjub liat topping atasnya, hahahaha. Fiuuufth selesai juga tugas saya membuat cheese cake. Intinya, harus di persiapkan dahulu semua bahan ketika kita membuat kue, salah salah tuh kejadiannya nanti kayak saya. Yuk semua happy baking....


Orange Cheese Cake

Bahan
Sponge cake coklat (saya hanya pakai ½ resep di bawah ini)

6 butir telur
150gr gula
125gr tepung terigu
25gr coklat bubuk
75gr mentega/margarin cair
½ sdm TBM
½ sdt vanili bubuk

Cara membuat
Campur dan ayak tepung terigu dan coklat bubuk, aduk rata
Kocok telur, gula, vanili dan TBM hingga mengembang dan kental
Masukkan campuran tepung sambil diayak, aduk hingga tercampur rata. Masukkan margarin leleh, aduk balik hingga rata
Tuang dalam loyang. Oven dengan suhu 180'C hingga matang  --------------- saya pakai loyang bulat diameter 20cm

Unbaked Cheese cake
250gr cream cheese
250gr whipped cream cair
60gr gula --------------- pakai gulaku kemasan warna hijau
1sdm air jeruk lemon
1sdm gelatin
50ml air matang

Cara membuat :
Campur air matang dengan gelatin, aduk rata, kemudian tim sampai larut, sisihkan
Kocok whipped cream sampai setengah kaku masukkan kulkas
Kocok cream cheese dengan gula sampai rata
Campur kocokan cream cheese dengan whipped cream, kocok sebentar
Tambahkan air jeruk lemon, kocok sebentar
Tambahkan larutan gelatin, kocok sebentar, setelah selesai sisihkan adonan cheese cake

Penyelesaian
Sediakan loyang bongkar pasang diameter 18cm, taruh sponge cake coklat di dasarnya sebagai base cake
Tuang adonan cheese cake diatasnya, ratakan, masukkan ke chiller kurang lebih 8 jam
Setelah 8 jam, keluarkan dari chiller, lepas loyang bongkar pasangnya
Siram dengan larutan buavita rasa orange/jeruk (ada di atas cara buatnya)
Hias dengan buah strawberry dan jeruk mandarin
Siap dihidangkan

Note : adonan sponge cake saya panggang di loyang 20cm, ketika sudah matang biasanya cake mengkerut. Jadi sponge cake coklatnya bisa masuk ke loyang bongkar pasang yang diameter 18cm




Tidak ada komentar:

Posting Komentar