Sabtu, 04 April 2015

Mie Kates

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah....


Ada yang tahu kates tidak? Hehehehe. Kates itu pepaya dalam bahasa jawa. Nah, kebetulan tukang sayur bawa 1 bungkus kates muda yang sudah di serut hari ini, bentuknya mirip mie. Kata mami, dulu pas jaman mami saya susah, mie kates ini yang di masak buat lauk. Di taruh di baskom yang gede, terus di makan rame rame satu keluarga. Kalau ada uang berlebih, bisa di tambahkan tetelan sapi. Kalau tidak ada, cukup dengan telur saja (telur hasil ayam peliharaan sendiri). Mami malah nostalgia sendiri ketika menceritakannya, hehehe.

Sekarang mami mencoba mengenalkan mie kates ini ke saya. Berhubung tidak ada tetelan sapi, ya iyalah secara jarang makan daging gitu lho, jadi pakai telur saja kali ini buatnya. Lebih spesial lagi.... kali ini mami yang masakin buat saya. Lumayan hitung hitung saya istirahat sejenak dari memasak, hehehehe. Sreng... sreng... dengerin mami masak di dapur, wah jadi penasaran, intip sejenak. Cara buatnya hampir sama kayak mie goreng, dijamin saya pasti bisa (sok pede).

Setelah jadi mie katesnya, mami nyuruh langsung dimakan. Mumpung masih panas, kata mami. Eh saya malah sibuk ambil piring, terus menata mie katesnya kayak di restoran. Tambah hiasan dan taburin oregano untuk mempercantik masakan. Mulai jepret jepret ambil gambarnya. Yak done, mari kita makan. Hmmmmmm setelah di cicipi enak juga rasanya, ya kayak mie goreng saja, tapi ada teksturnya ketika di gigit, katesnya kres kres dan agak kenyal. Saya habis 1 piring gede dan mami senang melihatnya, hehehe. Yang mau resepnya ini saya tulis, gampang banget lho buatnya. Happy cooking......


Mie Kates
Ala Mami

Bahan
Kates/pepaya muda mengkal di serut panjang (saya beli di tukang sayur 1 plastik 2000rupiah), di timbang di rumah 200gr
2 butir telur, kocok lepas
2 batang daun bawang, iris
2 batang daun seledri, iris
3 siung bawang putih, haluskan
Garam dan merica secukupnya
Kecap manis secukupnya
Air secukupnya
2 buah cabe merah keriting, buang biji, potong potong (tambahan dari saya)
Minyak untuk menumis

Cara membuat
Panaskan minyak, tumis bawang putih yang di haluskan sampai harum, tambahkan kocokan telur, buat orak arik, masukkan daun bawang, aduk rata
Masukkan air dan kecap secukupnya, tambahkan garam dan merica, didihkan, tes rasa
Masukkan kates/pepaya muda yang sudah di serut, masak sampai air sat dan kates empuk
Tambahkan potongan cabe merah keriting, aduk rata. Matikan api dan sajikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar