Selasa, 11 Agustus 2015

Chocolate Cake for My Birthday

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah.....


Yak kali ini cerita tentang cake ultahku, yang apalagi kalau bukan cake coklat. Seperti yang kalian ketahui saya adalah choco lover. Karena ultah kali ini bersamaan dengan mengurus mami yang lagi sakit, jadi saya hanya buat cake coklat yang simpel, ga ribet dan pakai bahan yang ada di rumah saja.

Untuk base cakenya saya menggunakan bolu hongkong coklat. Bolu hongkong ini sering sekali saya pakai sebagai base cake untuk cake ultah juga, apabila saya tidak malas memisahkan kuning dan putih telurnya, hehehehe. Untuk rasanya sendiri, agak sedikit kurang manis, tapi itu cocok, karena nanti akan di lembabkan dengan simple sirup dan di oles filling coklat.

Masalah decor sangat sederhana, cuma saya siram dengan ganache (saus coklat), dan di hiasi dengan segala rupa coklat yang merupakan persediaan saya untuk cemilan. Dari kitkat, coklat chacha, top warna hitam dan putih, coklat koin, coklat berlapis oat, coklat bulat tumpah semua di atas permukaan cake. Sebagai pemanis saya tambahkan potongan stroberi dan permen yuppi bentuk love, hehehe. Yang saya share adalah resep bolu hongkong coklat, filling coklat dan ganache ya. Simple syrup sih semua pasti sudah pada tahu. Untuk aplikasi cakenya : taruh cake sebagai alas - oles simple syrup – oles filling coklat – tumpuk lagi dengan cake – siram dengan ganache – hias sesuka hati.

Bolu Hongkong Coklat
Bahan
50gr tepung terigu
10gr maizena
10gr coklat bubuk
1sdt BP
2sdm susu bubuk
-------- ayak semua bahan, sisihkan

4 kuning telur
30gr gula pasir
1sdt SP
-------- kocok semua bahan sampai putih dan kental

4 putih telur
1/4sdt garam
50gr gula pasir
1sdm air jeruk nipis
--------- kocok putih telur, garam dan air jeruk nipis sampai berbusa, masukkan gula sedikit demi sedikit sambil di kocok sampai mengembang soft peak

1sdt pasta coklat (saya pakai pasta blackforest)
50gr mentega/margarin, lelehkan (saya pakai margarin)

Cara membuat
Siapkan loyang ukuran 20, olesi margarin, alasi kertas roti, oles margarin lagi (saya pakai loyang 22)
Campur kocokan kuning telur ke dalam kocokan putih telur sambil di kocok dengan kecepatan speed rendah sampai tercampur rata
Masukkan pasta coklat, kocok lagi sampai rata
Masukkan ayakan tepung terigu sedikit demi sedikit dengan spatula (saya kocok dengan mixer speed rendah)
Masukkan margarin leleh, aduk dengan spatula (saya kocok dengan mixer speed rendah)
Tuang dalam loyang, oven dengan suhu 170’C selama 30 menit

Filling coklat
100gr whipped cream bubuk
200ml air es
100gr DCC di lelehkan
Cara membuat : kocok semua bahan sampai rata

Ganache
50gr whipped cream bubuk
125ml air matang biasa
150gr DCC
Cara membuat : tim whipped cream dan air, ketika sudah hangat, masukkan DCC, aduk sampai DCC leleh, angkat. Tunggu sampai ganache sedikit mengental, siram di atas cake

Tidak ada komentar:

Posting Komentar