Jumat, 14 Agustus 2015

Cake Putih Telur

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah.....


Ada sisa putih telur di rumah? Saya dulu punya banyak, sisa dari pembuatan kue kering yang melimpah pas bulan ramadhan kemarin. Putih telur itu ada yang sudah saya buat pavlova, ada yang sudah saya goreng, dan ada yang di minta asisten rumah tangga, hehehe. Dan ketika saya intip freezer, masih tersisa sekitar 200gr putih telur lagi yang harus segera di olah, sebelum saya mulai bosan melihatnya, hahaha.

Putih telur ini akhirnya saya olah menjadi cake. Niat awalnya sih, cakenya jadi 2 layer gitu, terus di rekatkan dengan selai strawberry atau blueberry. Eeeh, pas lihat, masih ada sisa selai nanas pas buat nastar, ya sudah untuk penghabisan kita pakai selai nanas saja – dasar irit.

Btw, terjadi kesalahan dalam pembuatan cake ini, yaitu saya salah dalam membagi 2 adonan. Jujur saja, sejak dulu saya memang tidak ahli dalam pembagian adonan, alias adonan yang tidak seimbang/besar sebelah. Lihat saja dalam cake ini, cake pandannya tipis banget kan. Untunglah hal itu tidak berpengaruh ke rasa, alias tetap enak, hehehe. Yuk ini resepnya.... happy baking....

Cake Putih Telur

Bahan
200gr putih telur
100gr gula pasir
1/4sdt TBM
100gr tepung terigu
20gr maizena
1sdt vanili bubuk
80ml minyak goreng
Pasta pandan secukupnya

Filling : selai nanas

Cara membuat
Siapkan 2 loyang ukuran 30x10x4, olesi dengan margarin, alasi kertas roti, oles margarin lagi
Campur dan ayak tepung terigu, vanili bubuk dan maizena, sisihkan
Kocok putih telur, gula pasir dan TBM sampai kental berjejak
Masukkan ayakan tepung terigu ke dalam kocokan putih telur sambil tetap di mixer dengan speed rendah
Tuangkan minyak goreng ke dalam adonan sambil tetap di kocok dengan speed rendah hingga tercampur rata
Bagi 2 adonan, yang 1 di tambah dengan pasta pandan, yang 1 tetap adonan putih
Tuang masing masing adonan ke loyang, dan panggang suhu 17’C selama 30-35 menit sampai matang – jangan lupa tes tusuk
Penyelesaiannya, ketika cake sudah matang, oles selain nanas di atas cake pandan dan tumpuk dengan cake kuning, tekan tekan biar rekat
Potong potong cake, sajikan segera dengan teh hangat.... hummm yummi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar