Rabu, 08 Oktober 2014

Simple cooking : Tahu Isi


Tahu isi, siapa sih yang tidak mengenal panganan ini. Tahu isi yang dalam bahasa Sunda disebut gehu ini memang gorengan murah meriah yang enak. Kenapa enak? Karena bisa di jadikan cemilan dan sebagai lauk makan. Untuk isinya sendiri beraneka ragam, kadang hanya toge saja, tapi untuk yang kreatif bisa memadukannya dengan wortel atau kol. Kalau yang agak esklusif biasanya di dalamnya diberikan isian ayam cincang. Wah makin mantap saja kan itu tahu isinya.

Kalau yang biasanya di jual sama mamang gorengan sih biasanya di beri isi toge dan kucai, harganya beraneka ragam dari 1000 dapat 3, ada juga yang 500 perak, tergantung harga kebutuhan pokok, hehehe. Untuk yang di beri isi ayam cincang, wortel, toge dan kol, itu paling mahal 2500 dapat 1. Tapi masyarakat Indonesia memang kreatuf sehingga tercipta yang namanya Gehu pedas alias tahu isi pedas. Isinya tidak ada perubahan, hanya di dalamnya terdapat gerusan cabe rawit yang banyak. Harga variatif antara 1000 sampai 3000 rupiah. Kok saya hafal? Lha wong saya suka jajan gorengan, hahahahaha.


Kali ini saya mau kasih resep tahu isi saya yang benar benar simpel. Kenapa simpel? Karena isinya cuma toge dan daun bawang saja, hahahaha. Bahan yang ada di kulkas cuma ada itu saja sih. Wortel dan kol sudah di pake untuk buat sop, ya kita berdayakan aja bahan yang ada. Untuk masalah rasa ya gitu aja, hahahaha, yang penting ada lauk buat makan. Jadi sesuai judul di postingan kali ini alias simpel.

Tahu Isi

Bahan :
8 buah tahu putih, goreng dulu ½ matang
3 buah bawang merah
2 buah bawang putih
1 batang daun bawang, iris halus
100 gr toge, siangi
Garam, merica dan kaldu bubuk secukupnya
Minyak untuk menumis dan minyak untuk goreng

Pelapis :
Tepung terigu
Pala bubuk
Merica bubuk
Garam
Air secukupnya

Cara membuat :
Giling halus bawang merah dan bawang putih, kemudian tumis bumbu halus tersebut
Masukkan toge dan daun bawang, masak sampai setengah layu
Tambahkan garam, merica dan kaldu bubuk, masak sampai matang, sisihkan sampai dingin
Belah tahu jangan sampai putus, masukkan isian tumisan tadi
Untuk bahan pelapis, campur semua bahan pelapisnya, untuk kekentalannya bisa di atur sesuai selera, tapi jangan terlalu kental dan encer
Celupkan tahu yang sudah di isi ke dalam bahan pelapis dan goreng sampai kecoklatan
Sajikan hangat untuk lauk atau cemilan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar