Rabu, 01 Oktober 2014

Lasagna Yummi


Awal Oktober ini kita mulai dengan postingan baru. Kali ini saya mau cerita tentang Lasagna. Sebelumnya saya sudah pernah posting Lasagna yang pertama kali saya buat. Cuma waktu itu saya hanya upload gambarnya saja, tapi tidak dengan resepnya. Lasagna yang saya buat pertama kali memang enak luar biasa, tapi sayangnya atasnya agak gosong dan kulit lasagnanya masih agak liat. Maklum baru pertama kali rebus pasta lasagna, jadi masih agak kagok, malah sampai lengket lengket pas ngerebusnya. Padahal sudah di kasih minyak lo. Tapi lupakan sajalah itu, kan sudah berlalu.

Kali kedua saya buat lasagna, saya bingung, karena cuma punya 4 lembar kulit lasagna. Idealnya kan 12 lembar untuk menutupi semua permukaan isinya. Bingung? Tentu tidak, hehehehe. Kan ada gugel, cari sana sini dan hinggaplah di website teh Nickejj. Di sana teh Nickejj memberikan solusi untuk membuat kulit lasagna. Tidak heran sih, karena teh Nic kan mempunyai usaha katering, otomatis lebih kreatif dalam pengolahan makanan. Disana juga di berikan step by step cara pembuatan lasagna yang saya ikuti. Hasilnya lasagna yang laziiiiis. Berikut ini resep lasagna yang sudah saya implementasikan dengan bahan bahan yang ada di kulkas, hehehehe.

Lasagna

Bahan kulit lasagna (dari teh Nickejj) :
4 sdm munjung terigu
100 ml air
1 sdm minyak sayur
½ sdt garam
Cara membuat :
Campur semua bahan, aduk hingga halus aadonannya. Masak dengan api kecil di teflon ( 2sendok sayur – untuk 1 kulit lasagna)
Note : untuk membuat kulit yang banyak, tinggal di lipatkalikan saja cara membuatnya

Bahan saus daging :
150 gr daging giling
100 gr daging ayam giling
10 buah jamur kancing, potong potong
1 buah bawang bombay
3 siung bawang putih, cincang halus
2 buah tomat, cincang kasar
½ botol saus tomat delmonte (saus botol yang gede ya)
½ sdt merica
½ sdt oregano
1 sachet kaldu bubuk rasa sapi
1 sdm margarin
Cara membuat :
Lelehkan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum
Masukkan daging giling dan ayam giling, aduk sampai berubah warna
Masukkan jamur dan potongan tomat, aduk sampai tomat layu
Masukkan saus tomat delmonte, tambahkan merica, oregano dan kaldu bubuk
Masak sampai daging matang, dan tes rasa dahulu,sisihkan

Bahan saus putih :
500 ml susu cair plain
250 ml air
6 sdm munjung tepung terigu, cairkan dengan 250 ml air putih tadi
50 gr keju cheddar munjung
½ sdt merica
½ sdt garam
½ sdt kaldu bubuk
1 sdm margarin
Cara membuat :
Tuang susu dan campuran air + terigu ke dalam panci
Masak dengan api sedang, tambahkan garam
Masukkan merica, kaldu bubuk dan keju cheddar parut, masak sampai kental
Matikan api, masukkan margarin

Taburan : 100 gr mozarela dan 30 gr keju cheddar parut

Penyelesaian :
Oles margarin tipis tipis di pyrex
Atur 4 lapisan kulit lasagna, tuang saus daging, lalu timpa dengan saus putih
Tutup kembali dengan 4 lapisan kulit lasagna, tambahkan lagi saus daging dan saus putih
Tata kembali 4 lembar kulit lasagna, dan tuang saus daging dan saus putih
Di atasnya taburi keju mozarela dan keju cheddar parut
Oven dengan suhu 180C selama 30 menit


Heeeem, yummi. Mantap deh rasanya. Di nikmati hangat hangat dengan cocolan saus sambal atau saus tomat membuat sepotong ga akan cukup. Untuk saus putihnya saya modifikasi resepnya teh Nickejj, dan saya cocok dengan resep saus putih. Jadi apabila membuat pasta yang menggunakan saus putih, saya selalu menggunakan resep ini, dan takarannya bisa saya kira kira. Untuk saus daging sih bebas, bisa buat sendiri, tapi kalau malas bisa memakai yang sudah jadi merk Pronas atau Lafonte, hehehe. Happy cooking.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar