Jumat, 19 Desember 2014

Rainbow Cake Kotak

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah....


Iseng buat rainbow cake... sekarang sih yang lagi booming mini roll rainbow cake. Saya masih belum siap untuk buat roll cake, selain belum pintar gulung, kok kayaknya ribet ya... pemalas.com. Kita buat yang pasti aja deh, ya rainbow cake seperti biasa. Kali ini di buat dengan bentuk kotak dan tetap di kukus. Kenapa di kukus? Karena saya pede dengan kukusan, ga akan bantat, hehehehe. Untuk tekniknya sendiri, saya menggunakan teknik sponge cake, pasti udah tahu kan caranya bagaimana?

Rainbow cake sendiri basicnya sponge cake yang di beri pewarna seperti pelangi. Jadi mau pakai resep sponge cake andalan masing masing juga tidak ada masalah. Hiasannya kali ini saya cuma pakai sprinkle, kemudian dekornya cuma whipped cream bubuk yang di kocok dengan air dingin. Resep rainbow cake memakai resep Salma Loyang (teman di facebook). Sebetulnya ini resep brownies kukus coklat, tapi bisa juga di modif menjadi resep vanilla sponge cake kukus. Malah resepnya hampir sama dengan resep rainbow milik mba Ani Lizzarni. Ini saya tulis resepnya.

Rainbow Cake
Source : Salma Loyang

Bahan
8 butir telur
400gr gula
1 sdm TBM
200gr tepung terigu protein sedang
60gr coklat bubuk (saya modif menjadi 30gr susu bubuk dan 30gr maizena)
1 sdt vanili bubuk
300ml minyak goreng
Pewarna makanan merah, kuning, hijau, biru, oranye dan ungu

Cara membuat
Siapkan kukusan, lapisi tutup kukusan dengan serbet, supaya nanti air kukusan tidak menetes ke adonan. Panaskan kukusan
Kocok telur, gula dan TBM sampai mengembang dan kental
Masukkan tepung, susu bubuk, maizena dan vanili bubuk yang sudah di ayak
Masukkan minyak sedikit demi sedikit, aduk balik hingga rata
Bagi adonan menjadi 6 sama rata, dan beri pewarna makanan seperti pelangi
Tuang adonan ke loyang 22x22x4 yang sudah di olesi margarin, di alasi kertas roti dan di oles lagi margarin (saya hanya menggunakan 1 loyang kotak, jadi setiap adonan yang 1 masak, kemudian di timpa dengan adonan yang lain, begitu seterusnya)
Kukus masing masing warna selama 15 menit hingga matang dengan api sedang, untuk adonan terakhir kukus selama 20 menit
Dinginkan cake, kemudian hias dengan whipped cream kocok dan taburi sprinkle

Simpel kan ya rainbow cake. Yang rumit itu adalah menghiasnya, karena saya tidak bisa dekor, ya begini jadinya, hahahaha. Rasanya manis dan legit, kalau menurut saya sih manis banget. Tapi kata kakak dan keponakan yang doyan manis, ini uenak banget katanya, hahahaha. Happy baking.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar