Minggu, 07 Desember 2014

Asam Ikan Padeh


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Bismillah ......

Ketika lagi sibuk di dapur pada pagi hari, mami datang dengan membawa sebuah bungkusan. Habis belanja sama si Ujang katanya, Ujang adalah nama tukang sayur langganan di kompleks kami. Nah, mami baru saja membeli 8 ikan kembung yang gede gede. Katanya lagi murah harganya, pas di tanya berapa harganya? Mami malah jawab ga tau, habis di total sama belanjaan yang lain, hahahaha.

Mami ingin ikan kembungnya di masak ala ikan padeh kayak yang di buku resepnya yang jadul. Dengan semangat mami memberikan buku itu ke saya, lho? Jadi saya yang harus masak ini ya? Hahahaha. Okelah kalau begitu mam, roger dilaksanakan. Buku resep masakan mami yang jadul ini masih bagus lo, walaupun keluaran tahun 1994, dan harganya pun masih murah. Cuma 5000-an waktu itu, kan harga kertas masih murah saat itu. Judulnya Seri Menu & Resep – Menu sehari hari, disusun oleh Yasa Boga, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.


Ikan kembung ini saya masak sesuai dengan resep yang ada di buku tersebut, tapi ada beberapa bahan yang  tidak ada di tempat saya. Ya, jadinya disesuaikan saja deh ama yang ada di dapur saya. Hal itu tidak mengurangi kelezatannya kok. Karena pas ikan kembungnya selesai di masak.... huuum baunya wangi dan penampilannya menggugah selera. Ketika di makan, makin membuat nasi di piring cepet habis dan pengen tambah, hahahaha. Mami aja doyan banget, apalagi saya, yuk ah cekidot resepnya. Yang saya tulis di bawah ini adalah resep aslinya.

Asam Ikan Padeh

Bahan
500gr ikan kembung yang segar (saya 8 ekor ikan kembung)
1 buah jeruk nipis, ambil airnya
25 lembar daun ruku ruku/kemangi (saya 2 ikat daun kemangi)
3 lembar daun mangkokan, iris halus (saya tidak pakai)
2 buah kecombrang, belah belah (saya tidak pakai)
1sdm penuh air asam jawa
500ml air panas

Bumbu halus
8 cabe merah (saya pakai 5 cabe merah keriting dan 5 cabe rawit merah)
5 bawang merah (saya pakai 8 bawang merah)
1cm jahe
1cm kunyit
1 potong lengkuas(versi saya, lengkuasnya di geprek, tidak di haluskan)
2 butir kemiri sangrai (saya pakai 3 butir kemiri)

Cara membuat
Buang insang dan isi perut ikan, potong 2 ikan atau biarkan utuh (saya di biarkan utuh). Lumuri air jeruk nipis, biarkan 15 menit, tiriskan
Susun ikan dalam panci, masukkan bumbu dan bahan lainnya
Rebus dengan api kecil sampai ikan matang

Note :
  • Di dalam buku resep tidak ada keterangan garam dan gula. Tapi pastinya setiap masakan menggunakan garam dan gula. Untuk masakan ini saya menggunakan garam dan 1.5sdm gula merah dan sedikit kaldu bumbu rasa ayam
  • Saya juga menambahkan 1 buah tomat yang di potong kasar dan 10 buah cabe rawit merah utuh untuk menambah rasa masakan ini

Resep ini sangat praktis untuk di praktekkan. Cara membuatnya pun mudah, tidak sampai 1 jam kalau semua bumbu sudah di siapkan. Hasilnya pun tidak mengecewakan, laziiiiis. Happy cooking semuanya.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar