Selasa, 02 Desember 2014

Mie Ayam Ekonomis

Hujan hujan gini enaknya makan mie ayam ya. Tapi berhubung ga bisa keluar rumah, jadi mending buat sendiri aja kali, lebih sehat, bumbunya bisa kita sendiri yang atur. Yang lebih penting adalah tidak keluar duit, hahahaha. Pakai bahan yang ada saja di rumah. Sekarang kita cari resepnya di gugel, cek bebi cek. Kalau soal resep saya sudah punya blog kuliner andalan, kali ini saya langsung meluncur ke blognya mba Endang, pemilik blog justtryandtaste.com


Di blog mba Endang, mie ayamnya versi yang menggugah selera, sedangkan mie ayam saya sih biasa aja... yang penting bisa ngeyangin perut. Soal penampilan, waduuuuh jauh buanget. Tapi kalau soal rasa not bad lah, enak menurut saya. Saya sampai tambah 2 mangkok, ini lapar atau maruk ya? Lapar kok lapar, hehehehe.

Back to resep, resep yang di posting mba Endang very very komplit, jika ingin melihat versi aslinya, pembaca bisa meluncur ke http://www.justtryandtaste.com/2010/11/mie-ayam-instan-ala-just-try-taste.html. Sedangkan versi saya adalah versi sederhana yang di sesuaikan dengan bahan yang ada. Yuk di simak resepnya.

Mie Ayam ala Ocha
Source : justtryandtaste.com

Bahan
1 bungkus mie burung dara pipih, rebus dengan sedikit minyak hingga matang, angkat, tiriskan
1 buah dada ayam, rebus dengan air sekitar 700ml air, apabila sudah matang, angkat dada ayamnya dan potong kotak kotak. Airnya jangan di buang, sebagai kaldu
1 pak bakso sapi kecil (isi 10 buah)

Bumbu halus
Bawang putih 3 siung
Bawang merah 5 siung
½ sdt merica bubuk
1 sdt ketumbar bubuk
Jahe dan laos secukupnya

Bumbu lainnya
2 lembar daun salam
2 sdm kecap manis (saya pakai merk Bango)
2 batang daun bawang iris kasar
Garam, gula, merica dan kaldu bubuk secukupnya
Minyak untuk menumis


Cara membuat
Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan daun salam sampai matang, bagi menjadi 2 bagian
1 bagian bumbu tumisan, masukkan ke dalam kuah kaldu ayam tadi, masak sampai mendidih, tambahkan garam, merica dan kaldu bubuk. Masukkan bakso sapi, tes rasanya, masak sampai matang, angkat
Masak kembali sisa bumbu tumisan, masukkan potongan dada ayam, tambahkan kecap, daun bawang, garam, gula, dan sedikit air kaldu ayam. Masak sampai matang hingga air kaldu tinggal sedikit

Cara penyajian
Tata mie rebus di mangkok, siram dengan kuah kaldu ayam, tata ayam kecapnya, tambahkan bakso sapi. Apabila suka pedas bisa di tambahkan sambal godhognya. Karena kebetulan di rumah lagi ada sumpia kering, saya tambahkan itu juga, hehehe. Jadi seperti mirip pangsit ya.

Mantap kan mie ayamnya. Di santap panas panas di dapur sambil memandangi hujan yang turun semakin menambah selera makan. Perut kenyang hati pun senang. Ga nyangka ya bisa membuat mie ayam yang semudah ini. Thanks a lot banget buat mba Endang. Untuk resep sambal godhodnya, saya juga pakai yang di posting oleh mba Endang, tapi kadar pedasnya mengikuti kadar saya, hehehe.

Resep sambal godhog
1 bawang putih
11 cabe rawit merah

Cara mambuat
Rebus semuanya dengan sedikit air, tiriskan, kemudian giling kasar tanpa garam


Yuk di buat mie ayamnya, so simple dan so yummi. Happy cooking....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar