Selasa, 16 Desember 2014

Tripple Chocolate Mousse Cake in Cup

Assalamualaikum Wr. Wb
Bismillah....


Ketika melihat cake ini pertama kali di blognya mba Ricke, saya sudah bertekat harus membuatnya. Kenapa? Karena saya penggemar coklat. Walaupun mungkin ada beberapa resep yang belum saya eksekusi seperti devil food cake dan triple choco cake yang juga coklat habis, tapi saya lebih mendahulukan mengeksekusi resep ini. Hal ini di karenakan bahan bakunya yang masih bisa jangkau, hahahaha, dasar pelit. Untuk membuat TCC dan devil food cake, kadang saya harus memikirkannya 2x, karena bahan bahannya yang super duper berat di kantong saya, karena memakai ganache yang duilah banyaknya, hehehehehe.

Back to cake yang akan kita bahas. Namanya adalah Triple Chocolate Mousse Cake. Dari namanya saja sudah terbayang kelezatannya kan? Apalagi kalau melihat picture dari blognya mba Ricke, wah ngiler habis deh. Mba Ricke sangat pandai sekali mendekor cake sehingga membuat orang ingin mencobanya. Kalau saya masalah dekor? Tetotttt, hahahahaha.

Setelah gugling di mbah gugel, rata rata mousse cake menggunakan telur mentah sebagai bahan di dalamnya. Dan saya sampai detik ini, masih anti menggunakan telur mentah sebagai bahan di cake. Bisa di lihat di resep tiramisu yang saya buat, tanpa telur mentah. Nah, resep triple chocolate mousse cake ini pas dengan kesukaan saya, karena tidak menggunakan telur mentah. Sebagai pelembutnya menggunakan krim, dan pengikatnya menggunakan gelatin.

Untuk resep kali ini saya hanya menggunakan ½ resep saja. Resep aslinya bisa lihat di sini. Dan karena saya takut gagal, saya hanya membuatnya versi cup waktu itu. Sponge cake coklat yang sebagai base cake bisa menggunakan resep mana saja. 

Triple Chocolate Mousse Cake
Source : Ordinary Kitchen

Bahan
Sponge cake  coklat yang sudah di cetak bulat kecil

Dark chocolate mousse
55gr susu cair
1 sdt gelatin bubuk
2 sdm air
90gr dark cooking chocolate cincang
50gr whipped cream bubuk + 100ml air dingin

Cara membuat
Larutkan gelatin dengan air, aduk rata, diamkan sampai membentuk gel, sisihkan
Panaskan susu dengan api kecil, cukup sampai pinggirnya terlihat  mendidih, matikan api
Masukkan gelatin, aduk rata dengan balloon whisk sampai gelatin larut
Taruh DCC cincang dalam wadah besar, tuangi larutan susu tadi, diamkan hingga DCC meleleh, aduk rata, sisihkan, jaga agar tetap hangat kuku
Kocok whipped cream hingga setengah kaku, campurkan bertahan ke dalam campuran DCC, aduk rata

White chocolate mousse
55gr susu cair
1 sdt gelatin bubuk
2 sdm air
90gr white cooking chocolate cincang
50gr whipped cream bubuk + 100ml air dingin
Cara membuat
Sama dengan pembuatan dark chocolate mousse

Penyelesaian
Siapkan cup bening, masukkan selembar cake coklat di dalamnya, tuangkan dark chocolate mousse, simpan di freezer hingga set. Keluarkan apabila sudah set, taruh selembar cake coklat lagi dan tuangkan white chocolate mousse, simpan kembali di freezer selama 4 jam. Apabila sudah set, siram atasnya dengan chocolate siram, bekukan kembali dan hias dengan hiasan coklat

Chcocolate siram
100gr DCC + 20gr butter unsalted (ini versi saya)-bisa menggunakan versi mana saja


Setelah jadi, langsung deh poto ini cake, yah dengan kamera bb seadanyalah. Mengandalkan cahaya matahari yang mulai meredup, hehehe. Soal taste sih sukaaaaaaaaa banget. Apalagi ini semua full coklat, dari cake, mouuse, coklat siram sampai hiasan coklatnya. Sebagai pecinta coklat saya terpuaskan. Kata teman saya yang bertindak sebagai tester juga, mousse cake yang ini benar benar mantap. Jadi? Tidak salah kan apabila saya mencobanya? Nantinya cake ini menjadi andalan saya apabila ada acara ulang tahun di keluarga dan pesanan, hehehe. Soalnya rasanya sudah teruji. Happy bakiiiing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar