Rabu, 17 Desember 2014

Strawberry Mini Pie

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah


Lagi pengen yang segar dan manis, terus asem asem gitu siang ini. Bingung buat apa karena persediaan bahan kue menipis. Sekarang harga bahan bahan pada naik semua, jadi bakingnya kudu di rem dulu. Tapi tetap saja pengen ngemil, hehehehe. Buat apa ya enaknya? Yang bisa di makan sama saya dan juga sama mami. Mami kan tidak suka keju dan coklat.

Setelah berpikir keras, eh ngga juga deng, hahaha, saya putuskan untuk buat pie. Bahannya ada dan buatnya juga tidak begitu susah. Yang lebih penting lagi mami juga doyan sama pie. Yak satu masalah beres. Tapi untuk topping cuma ada buah strawberry saja, tidak ada yang lain. Ya sudahlah tidak apa, kan namanya juga pengen yang seger dan manis. Tadinya berharap ada buah kiwi, rupanya tidak ada di kulkas.

Untuk resep crust pie bisa memakai resep mana saja, tapi kalau saya sudah cocok dengan perbandingan 2:1 untuk terigu dan margarinnya. Tambah kuning telur dan air es untuk crunchynya. Soal vla sih bisa pakai susu kental manis yang di cairkan. Intinya berdayakan saja yang ada di rumah, tanpa perlu keluar untuk membeli bahan.

Strawberry Mini Pie

Bahan
Untuk adonan pie
150 gr tepung terigu protein rendah
75 gr margarin
1 sdm gula halus
1 kuning telur
3 sdm air es

Cara membuat :
Campur tepung terigu, margarin dan gula halus, aduk rata sampai berbulir bulir seperti pasir (saya biasanya pakai garpu)
Masukkan kuning telur, aduk sampai tercampur rata
Terakhir masukkan air es sampai bertahap, campur rata dengan garpu ya (jangan pakai tangan, karena biasanya adonan jadi keras nantinya)
Setelah itu bulatkan adonan (pakai tangan), taruh di atas plastik yang lebar (plastik wrap), bungkus, kemudian masukkan kulkas kurang lebih 30 menit
Keluarkan dari kulkas, gilas menggunakan penggilingan, cetak di loyang mini pie, tusuk tusuk sekelilingnya dengan garpu supaya ketika di panggang tidak menggembung
Oven dengan panas 180C sampai matang dan kuning keemasan. Saya biasanya sekitar 20-25 menit

Vla pie
2 sachet SKM warna putih
300ml air
80gr gula pasir
1 kuning telur
½ sdt vanili bubuk
20gr maizena

Cara membuat
Campur SKM dengan air, aduk rata
Rebus 200ml susu dengan gula, sisa susu taruh di wadah dan campur dengan kuning telur dan maizena dan vanili
Ketika rebusan susu sudah hangat, ambil 2 sendok sayur rebusan susu dan campur ke adonan susu+kuning telur+maizena, aduk rata, dan tuang kembali ke rebusan susu
Masak sampai matang dan mengental. Matikan api, dinginkan

Topping
Strawberry organik

Penyelesaian
Tuang vla ke dalam crust mini pie, taruh potongan strawberry bentuk kipas di atasnya, dinginkan sebentar di kulkas, hidangkan


Biasanya saya selalu melapisi bagian dalam crust pie dengan lelehan coklat supaya crust pie tidak mudah lembek ketika sudah di tuang vla. Tapi karena cuma buat adonan sedikit dan yakin langsung ludes, jadinya saya tidak menambahkan lelehan coklat di dalamnya. Perkiraan saya pun tidak meleset, dengan di bantu sama mami dan asisten rumah tangga yang kerja di rumah, mini pie ini pun ludes, hehehehe. Happy bakiiiing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar