Kamis, 18 Desember 2014

Devil Food Cake

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillah


Devil Food Cake... duh membaca kalimat itu apa yang terbayang? Kuenya para iblis? Hahahahaha. Bukan, tapi itu cake yang benar benar nyoklat luar dan dalam. Base cakenya cake coklat di lapisi selai coklat dan di cover dengan gannache, benar benar cocok bagi para pecinta coklat seperti saya. Tapiiiiiii...... seperti biasa karena bahan bahannya lumayan berat untuk ukuran saya, jadi ketika membuat devil food cake ini hanya base cakenya saja sesuai dengan resepnya. Untuk dekornya beda, hihihhi.

Untuk dekornya saya hanya menggunakan whipped cream bubuk yang di kocok dengan air es dan di beri pasta coklat, dan dihias dengan sprinkle dan strawberry. Di sekeliling cake saya tutupi dengan astor coklat. Benar benar simple, dan tidak kelihatan ini adalah devil cake. Malah seperti cake yang biasanya saya buat, yaitu cake coklat dengan dekor seadanya, hahahaha. Kalau soal rasa, cakenya enaaaaaak banget, ga seret di tenggorokan. Wah saya kebayang kalau seandainya saya buat yang benar aslinya dengan ganache lebih mantap kayaknya. Berhubung tidak bisa, ya cukuplah ini saja *wink*.

Untuk resepnya sendiri saya lihat di blognya mba Nina. Mba Nina sendiri melihat di blognya mba Ricke, dimana resep ini punya Martha Stewart, tapi resep ini sudah di mofikasi oleh mba Ricke. Dari mba Nina, resep ini sampai ke saya, kok jadi berlibet begini ya saudara saudara, hahahaha. Yah intinya saya mendapatkan resep ini dari blog tersebut. Saya hanya membuat ½ resep dari resep aslinya. Untuk ganache, yang saya tuliskan adalah kepunyaan mba Nina. Saya sendiri tidak pakai ganache ya, hanya whipped cream. Kalau mau melihat resep aslinya punya mba Nina bisa lihat di sini, karena beliau juga menggunakan simple sirup, dan yang lainnya, alias lengkap banget, beda dengan saya, hehehehe.

DEVIL'S FOOD CAKE
Source : Catatan Nina
Source : Ricke Indriani adapted from Martha Stewart

Bahan
339 gr unsalted butter suhu ruang (saya memakai margarin
60 gr coklat bubuk
120 ml air mendidih
300 gr gula kastor (resep asli Martha Stewart 450 gr
1 sdt essence vanilla
4 butir telur ukuran besar, kocok lepas
360 gr cake flour (tepung terigu protein rendah
1 sdt soda kue
1/2 sdt garam (saya tidak pakai
240 ml susu cair

Cara Membuat
Panaskan oven 180'C, siapkan loyang (saya pakai oyang bulat diameter 16 cm)
Olesi dengan margarin, alasi dengan kertas roti dan oles margarin
Taburi seluruh permukaan loyang dengan coklat bubuk, sisihkan
Ayak coklat bubuk, masukkan air mendidih. Aduk rata hingga berbentuk pasta, sisihkan dan biarkan dingin
Dalam wadah lain, campur dan ayak tepung terigu, soda kue dan garam, sisihkan
Kocok margarin dengan mixer speed rendah hingga lembut. Masukkan gula kastor sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga lembut dan pucat (kurleb selama 5 menit). Tambahkan essence vanilla, kocok rata
Masukkan kocokan telur sedikit demi sedikit, kocok rata di setiap penambahan. Kocok hingga adonan rata dan tidak memisah
Matikan mixer. Campurkan susu cair ke dalam adonan pasta coklat, aduk hingga larut dan tercampur rata. Dengan mixer speed rendah,masukkan campuran terigu secara bertahap, berselang-seling dengan campuran susu dan coklat. Awali dan akhiri dengan campuran terigu. Matikan mixer, aduk rata dengan spatula
Tuang adonan ke dalam loyang dan oven hingga matang selama kurang lebih 45 menit (tergantung masing-masing oven ya)
Lakukan tes tusuk dan tes sentuh. Apabila sudah matang, keluarkan dari oven, biarkan hangat selama kurang lebih 15 menit baru kemudian dikeluarkan dari loyang dan didinginkan

CHOCOLATE GANACHE
Source : Catatan Nina
Bahan
500 gr Dark Cooking Chocolate (DCC) cincang
200 gr whipcream bubuk
400 ml air

Cara membuat
Campur whipcream bubuk dan air, aduk rata dan panaskan
Masukkan DCC cincang, hingga seluruhnya larut dan tercampur rata. Angkat dan dinginkan
Masukkan dalam wadah tertutup dan simpan di kulkas semalaman
Sewaktu akan dipakai, kerok-kerok dengan garpu atau sendok dan dikocok sebentar hingga lembut. Siap digunakan

Penyelesaian versi saya
Belah cake menjadi 2 bagian, olesi dengan selai strawberry paletta, tutup dengan cake yang lain, cover dengan whipped cream coklat. Hias sesuai selera

Tidak ada komentar:

Posting Komentar