Sabtu, 06 Desember 2014

Brownies Cappucino


Saya sangat sangat sangat suka dengan yang namanya brownies, tidak tahu kenapa. Mungkin karena saya penyuka coklat kali ya. Apalagi dengan tekstur brownies yang padat dan crunchy, duh saya semakin kesengsem dengan yang namanya brownies. Untuk brownies sendiri ada yang kukus dan ada yang panggang. Untuk yang versi panggang, teksturnya lebih padat, dan ada yang crunchy dan ada juga yang moist lembab gitu. Sedangkan untuk brownies kukus, teksturnya lebih lembut, efek pengukusannya yang membuatnya lembut.

Selain itu, versi panggang biasanya untuk membuatnya telur dan gula di kocok hanya sampai gula larut saja. Bahkan kadang tidak perlu mixer, cukup dengan ballon whisk saja sudah bisa brownies panggang. Untuk brownies kukus, nah itu sangat perlu mixer, karena gula dan telur harus di kocok sampai mengembang dan kental. Kayak ahli brownies saja ya saya ini, hahahaha. Secara ini cuma berdasarkan pengalaman saja. Tapi apa pun itu, baik brownies panggang dan kukus tetap lezat.

Kali ini saya penasaran dengan resep brownies cappucino dari blog Mba Hesti di Hesti’s Kitchen. Dari komentar yang saya di baca di blognya, banyak yang puas dengan hasilnya. Waduh, makin penasaran saja saya. Tapi..... jujur saya bukan penyuka kopi, jadi mikir dulu nih mau membuatnya. Langsung ingat tiramisu yang dulu saya buat, saya yang bukan penggemar kopi aja doyan. Yah, karena kadar kopinya saya yang tentukan. Oke deh, eksekusi aja langsung.

Untuk brownies cappucino ada yang versi kukus dan versi panggang di blognya Mba Hesti. Kali ini saya coba yang versi panggang dulu, mumpung oven lagi bersahabat, hehehehe. Untuk cappucinonya sendiri saya menggunakan merk Good day cappucino, sedangkan Mba Hesti menggunakan merk Nescafe. Saya sudah cari di supermarket, rupanya yang merk Nescafe harus beli 1 buntelan gede, udah gitu mahal lagi. Hadeeeeh secara hanya butuh sedikit, jadi saya beli yang eceran saja, alias Good day hahahahaha.

Brownies Cappucino
Source : Hesti’s Kitchen

Bahan
200gr butter (saya pakai margarin blue band)
200gr DCC (dark cooking chocolate)
250gr gula pasir
4 butir telur
170gr tepung terigu protein sedang
30gr coklat bubuk
1 ½ sachet Good day cappucino
½ sdt vanili bubuk
100gr kenari, sangrai, cincang (saya tidak pakai)

Cara membuat
Lelehkan butter dengan DCC, aduk sampai lumer, masukkan Good day cappucino, aduk rata, sisihkan
Kocok telur, gula pasir dan vanili bubuk, hanya sampai gula larut
Masukkan campuran coklat leleh ke dalam kocokan telur, aduk rata
Masukkan ayakan tepung terigu dan coklat bubuk, aduk rata
Masukkan kenari (saya tidak pakai)
Tuang dalam loyang brownies 24x24 yang sudah di semir margarin dan di alasi kertas roti (saya pakai 2 loyang brownies 30x10x4)
Panggang dengan suhu 180C selama 25-30menit
Angkat, dingingkan, dan sajikan


Untuk penampilannya sendiri saya sajikan dengan taburan gula halus, kemudian saya iseng bentuk bunga di atas browniesnya, hehehehe. Soal rasanya sendiri, waoooow enak buanget. Rasa kopinya agak samar karena penggunaan DCC yang cukup intens. Saya sendiri ga tau ya kalau menggunakan Nescafe bagaimana rasanya, karena pas saya colek dikit rasa Good day cappucino agak manis. Ya sudahlah, yang penting saya sudah buat brownies ini, hahahaha. Tapi yang buat suka adalah wanginya itu loooooo, dari masih di dalam oven saja, wanginya sudah menggugah selera. Apalagi ketika sudah matang dan di makan, makin maknyus. Rekomended ini brownies, terimakasih Mba Hesti sudah memberikan postingan brownies yang mantap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar