Selasa, 16 Desember 2014

Strawberry Pannacotta

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillah.....

Sebelumnya saya pernah posting tentang pannacotta pas edisi jualan. Pannacotta itu sejenis puding, tapi puding yang sangat lembuuuut sekali. Asalnya dari Italia, wah itu kan negara asal tempat makanan enak, seperti tiramisu, pasta dan pizza... sluuuurp jadi lapeeer, hehehehe. Kenapa saya jual pannacotta? Waktu itu ada teman SMA yang kerja di Bali, dan lagi pulang kampung ke Bandung. Via BBM, dia bilang pengen pesan pannacotta sama saya. Dia Cuma kirim gambar, dan suruh saya buatin. Tinggal saya yang bengong, lha resepnya???? Hahahahaha.

Seperti biasa mengandalkan gugel, dan banyaaak banget resep pannacotta. Tentu saya pilih yang gampang dong, *wink*. Setelah di telusuri, kok seperti bikin puding ya, cuma bedanya puding menggunakan agar agar atau jelly, sedangkan pannacotta menggunakan gelatin. Apakah gelatin bisa di ganti dengan agar atau jelly? Sepanjang yang saya baca di blog kuliner, ada yang bilang bisa, tapi memang rasanya bakal beda. Bedanya di mana? Di tekstur.... alias ga bisa lembut seperti menggunakan gelatin.

Pannacotta sendiri berarti krim yang di panaskan. Di sini setelah menelaah (ciiiieh bahasanya), ada yang menggunakan full fresh cream, ada yang campuran antara fresh cream dan susu, ada yang susu saja dan ada yang menggunakan santan. Untuk resep pannacotta yang saya lupa sekali lagi berasal dari mana (tepooook jidat-piiiikun), ini memakai campuran fresh cream dan susu, dan resep ini yang saya pakai.

Request teman saya terserah pannacottanya pakai topping apa saja. Terus dia bilang harganya tidak mahal kan? Karena di Bali mahal banget, 65.000,- untuk seporsi kecil. Ya iyalah mahal, hiasan pannacottanya bagus sih. Tapi oke deh, tenang saja tidak akan mahal, karena hiasan saya juga sederhana buanget, hanya pakai topping strawberry, hihihihihi. Yuk ini resepnya.


Strawberry Pannacotta
Source : sekali lagi lupa (maaaaf)

Bahan
250ml whipped cream cair (saya pakai merk anchor)
125ml susu (saya pakai merk ultra-plain)
60gr gula pasir halus
1/2 sdt vanili bubuk
1.5 sdt gelatin bubuk

Cara membuat
Campur whipped cream, susu, gula dan vanili dalam panci, masak dengan api sedang sambil di aduk aduk. Jika adonan sudah benar benar tercampur dan mulai mendidih (jangan sampai meletup letup), matikan api. Masukkan gelatin, aduk rata, nyalakan api lagi, masak sebentar saja sambil di aduk (kalau saya hitung 123-matikan api, hehehe)
Siapkan cetakan (dibasahi air ya) atau cup (tidak usah di bahasi air), tuang larutan pannacota, biarkan dingin, baru masukkan kulkas minimal 8jam. Siram dengan  saus/topping, sajikan

Untuk toppingnya saya pakai selai strawberry paletta yang saya encerkan dengan banyak air, terus saya cicip, kalau kurang terasa manis, saya tambahkan gula, hahaha, asal banget ya saya waktu. Kemudian di atasnya saya tambahkan strawberry potong. Yak siap di jual ke teman saya. Dan testimoninya enak, hampir sama dengan yang di Bali. Alhamdulillah..... happy dessert.

1 komentar:

  1. halo mba ,,
    mau nanya nih, utk whpd creamnya sy pake merk elle & vire , tp kok lemaknya keangkat ya pd saat di tuang di cup . apa mmg sprti itu ?? atau mgkn sy melakukan kslhn pd saat proses masak,,,

    BalasHapus