Senin, 01 Desember 2014

Cupcake Coklat Ekonomis



Di awal Desember, dengan badan masih tergeletak tak berdaya di kamar, dengan kebosanan yang melanda, daripada bengong, jadinya Cuma liat file file di komputer. Eh, liat cupcake jadul saya lagi, ya sudah posting itu saja. Daripada ini blog kosong karena pemiliknya lagi kering ide karena demam, hehehehe.

Cupcake coklat ini sama saja dengan cupcake sebelumnya, tetap menggunakan base cake butter cake 2 telurnya NCC. Tentu saja cupcakenya coklat dong, saya kan penggemar coklat. Waktu itu saya hanya buat setengah resep saja, karena lagi iseng pengen nyoba spuit buttercream. Just info saja, saya kalau ngedekor still ancur plus amburadul. Di bilang rapi ya gitu deh, di bilang ga rapi ya gitu deh juga, hahahaha.

Untuk buttercreamnya, karena juga hanya nyoba, saya hanya pakai buttercream sederhana, nanti resepnya ada kok di bawah. Saya tidak pernah beli buttercream jadi di pasar, karena takut sih, takut udah lama buttercreamnya (pengalaman soalnya). Buttercreamnya saya warnain 2 warna dan kemudian di campur (pengen two tone ceritanya), ya hasilnya jadi jadian deh bentuknya, hahahaha. Ada juga yang tidak two tone, tapi di hias standar banget. Tapi tetep cantik kok cupcakenya-muji diri sendiri boleh kan? Yak, tanpa basa basi lagi – karena demam mulai meningkat, ini dia resepnya.

Buttercake Dua Telur Coklat
Source : dapursolia.blogspot.com
(saya hanya pakai ½ resep)

Bahan :
120gr  mentega / butter (saya pakai margarin)
½ sdt  vanili
250gr  gula pasir
2 butir telur
140gr tepung terigu protein rendah
50gr coklat bubuk
10gr maizena
1 sdt baking powder (saya pakai double acting)
200ml susu cair

Cara membuat :
Campur terigu, coklat, maizena, dan baking powder, aduk rata, ayak, sisihkan
Kocok mentega, gula, vanili hingga mengembang dan pucat
Masukkan telur satu persatu, kocok lagi hingga tercampur rata dan mengembang
Masukkan campuran terigu dan susu bergantian, sambil diaduk hingga rata
Tuang ke cup case, oven pada suhu 180 °C hingga matang, kurang lebih 15-20 menit

Buttercream ekonomis :
200gr mentega putih (saya pakai yang lokal)
80gr gula halus
2 sachet susu kental manis (bisa di tambah ya, kalau kurang manis)
Pewarna orange, pink, biru dan ungu (saya pakai merk kupu kupu)

Cara membuat :
Kocok semua bahan hingga menjadi lembut,terakhir aduk dengan sendok kayu
Bagi 4 adonan buttercreamnya, masing masing adonan di berikan pewarna orange, biru, pink dan ungu
Masukkan ke pipping bag, aplikasikan ke cupcake
Saya ini pake spuit bintang untuk aplikasi ke cupcakenya


Tuh bisa di lihat kan aplikasi buttercreamnya di cupcake. Tetep berantakan, tapi biar ga mati gaya, ada saya tambahkan cherry merah, ada yang saya tambahkan pearl perak dan ada juga yang di tambah choco chip warna warni. Meriah dan colourfull ceritanya nih. Lumayanlah bagi saya, rasanya juga enak kok, hehehehe. Bisa di coba ya, happy baking....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar