Selasa, 06 Januari 2015

Ikan Masak Kuning

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillah


Hai hai hai ketemu lagi setelah beberapa lama tidak bersua, mulai lebay di awal pertemuan, hahahaha. Kenapa saya sudah lama tidak nulis di blog? Hal ini di karenakan smartfren mulai berulah lagi. Saya memang menggunakan modem smartfren sebagai aktivitas internet, dan sudah hampir 5 tahun lebih menggunakan. Selama menggunakan modem tersebut, sudah 3x ini saya kecewa, dan terakhir ini kecewa banget nget nget......... benar benar kecewa. Ya sudahlah, sekarang masalah ini lagi di proses – kata customer carenya sih, padahal udah lebih 2 minggu ini ga bisa di pakai itu modem.

Dikarenakan modem yang tidak bisa di pakai, otomatis saya tidak bisa buka blog, nulis, dan lainnya. Untuk aktivitas FB, Twitter, dan lainnya sih bisa pakai blackberry, tapi buat upload tulisan di blog rada sudah. Akhirnya saya pakai jurus terakhir.... alias ngembat modem kakak saya, wkwkwkwk. Untungnya kakak saya rela (atau pasrah) untuk menyerahkan modemnya ke saya. Buru buru beli kartu perdana baru dan melancarlah saya kembali di blog.

Ya itulah sekelumit masalah ga penting saya, mari kembali ke soal makanan. Berhubung awal permulaan, kita isi dengan makanan yang simpel saja. Beberapa waktu lalu, tetangga saya memberikan ikan hasil tangkapan anaknya. Ikannya ikan mas yang gedenya ga ketulungan, dan senangnya ikannya sudah di bersihkan, tinggal siap masak saja. Bingung mau buat apa, ya sudah buat ikan masak kuning dengan bumbu sederhana. Begitu jadi, langsung di santap dengan nasi hangat, wah enak banget, mungkin karena ikannya fresh. Ini resepnya.....

Ikan Masak Kuning

Bahan
1 ekor ikan mas ukuran besar
1 buah jeruk lemon lokal
7 butir bawang merah
5 butir bawang putih
3 butir kemiri
1 ruas kunyit
1 ruas lengkuas
2 lembar daun salam
2 batang serai
2 batang daun bawang, potong potong
Minyak untuk menumis
Cabe rawit secukupnya
Air secukupnya
Garam, gula dan merica

Cara membuat
Lumuri ikan dengan jeruk kemon dan garam, biar bau amis dan lendirnya nya hilang. Kemudian cuci bersih ikannya
Giling bawang merah, bawang putih, kemiri dan kunyit
Tumis bumbu halus tersebut, masukkan daun salam, lengkuas yang di geprek dan serai. Tumis hingga harum
Masukkan air secukupnya, kemudian masukkan ikan
Tambahkan beberapa cabai rawit, garam, gula dan merica
Masukkan daun bawang, masak sampai ikan matang, hidangkan


Semoga resep ikan yang sederhana ini bisa membuat saya aktif kembali menulis di blog. Karena pada dasarnya, seperti yang saya bilang, aslinya saya pemalas, hahahaha. Oh iya bagi yang suka bisa pakai santan, cuma karena saya dan mami memang mengurangi santan, jadi tidak menggunakannya. Happy cooking bagi semuanyaaaaaa.......


Tidak ada komentar:

Posting Komentar