Kamis, 22 Januari 2015

Cake Coklat Krim Mangga

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillah....


Lagi iseng buat sponge cake cokelat, ingin ngemil yang manis manis gitu pas hari sedang hujan. Karena tidak fokus buat cake sambil masak, jadinya cakenya agak sedikit bantat. Pas mencampur adonan dengan margarin cairnya tidak sempurna sih, tapi alhamdulillah cakenya tetap lembut. Hanya di bawahnya sedikit bantat saja.

Cuma buat setengah resep di loyang diameter 20cm, dan cakenya menggunakan resep sponge coklat milik Pak Sahak Pribadi. Setelah cakenya jadi, kok ingat sama keponakan saya ya, kemudian saya telpon deh, bilang mau kasih kue. Seperti biasa tidak akan pernah di tolak tawaran saya itu, hehehe. Back to the cake, bingung mau di hias apa cakenya. Akhirnya lirik ke tempat bahan kue, masih ada sisa krim bubuk, masih ada selai mangga, masih ada cherry dan masih ada coklat kuning, yuk berkreasi.

Cakenya saya potong bentuk segitiga yang banyak, kemudian saya sisihkan, lalu krim bubuk saya kocok dengan air dingin sampai mengembang. Setelah itu tambahkan selai mangga, kocok lagi krimnya, dan tambahkan beberapa tetes pewarna kuning. Coklat kuningnya sih tadi saya parut saja, dan cherry merah hanya sebagai pewarna di kue saja. Penyelesaiannya gimana? Ya gampang.... tinggal oles saja krim di cake, kemudian tumpuk lagi dengan cakenya, tanmbah krim lagi, spread coklat parut dan tambahkan cherry merah yang sudah di potong, so pretty kan..... Keponakan saya pun dengan riang gembira menerima cake tersebut.... Oh senangnya...


Sponge Cake Coklat
Resep : Pak Sahak Pribadi

Bahan A
Telur 6 butir
Gula Pasir 100 gr
Emulsifier 15 gr (SP/TBM)

Bahan B
Tepung terigu 80 gr
maizena 30 gr
coklat bubuk 30 gr

Bahan C
Butter 100 gr cairkan (saya pakai margarin)
Pasta coklat 1 sdm

Cara membuat
Kocok bahan A sampai putih mengembang dan mengental
Masukkan ayakan bahan B, aduk rata
Masukkan bahan C, aduk balik sampai rata – pastikan tidak ada endapan margarin cair di dasarnya
Tuangkan dalam loyang yang sudah di oles margarin dan di alasi kertas roti
Oven  hingga matang dengan suhu 170C sekitar 30 menit

Jadi, cake gagal pun bisa di sulap cantik kan? Asalkan kitanya saja yang pinter berkreasi. Intinya cakenya harus eye catching gitu lho. Tapi sponge cake coklat saya ini di bilang ga gagal kok sama mami dan kakak saya. Karena katanya masuh lembut, dan bantatnya hanya dikit, ya alhamdullliah kalau gitu, hehehehe. Happy baking.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar