Kamis, 15 Januari 2015

Fruity Pie

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillah....


Fruit pie yang sudah lama saya buat dan baru di posting sekarang seperti biasa, hehehe. Penasaran dengan buah naga yang warna merah, dan saya pun membelinya. Rasanya manis, tapi ga begitu manis. Kalau buah naga yang warna putih kan rasanya sedikit asem dan kecut. Bingung sisa buah naga merahnya buat apa, akhirnya saya berniat buat pie saja. Niatnya sih di atasnya saya taburi dengan potongan buah naga, potongan jeruk sunkist yang kebetulan ada dan sedikit potongan buah kiwi.

Mulailah nguprek di dapur, buatnya ga begitu lama sih. Karena ketika crust pienya sedang di panggang, bisa di sambi dengan buat vla pienya. Dan ketika pienya matang dan menunggu dingin, bisa di sambi potong potong buah. Apa mungkin karena saya lagi enjoy, jadi begitu menikmati banget buat pienya. Padahal biasanya saya suka lama lho kalau baking, suka riweuh sendiri di dapur. Tapi ketika pie jadi, dan sudah di tuang vla dan di taburi potongan buah, kok saya jadi heran sedikit sama ini pie. Bentuknya aneh, hahahahaha.

Bagi yang setuju sama pendapat saya, saya aminin saja deh, karena memang benar. Kata mami sih karena potongan buah saya asal, tidak teratur, jadinga pie tidak cantik. Iya juga sih, ya sudahlah ini juga untuk konsumsi pribadi. Supaya di cantik di foto, saya tambahkan saya 4 cherry yang nangkring di atasnya, ngaruh ga ya, hehehehe. Enjoy...... dan happy baking.

Fruity Pie

Bahan :
Untuk crust pie
200gr tepung terigu
100gr margarin
50gr gula halus
1 kuning telur
3-5 sdm air es

Cara membuat :
Campur tepung terigu, margarin dan gula halus, aduk rata sampai berbulir bulir seperti pasir (saya biasanya pakai garpu)
Masukkan kuning telur, aduk rata lagi
Terakhir masukkan air es sampai bertahap, campur rata dengan garpu ya (jangan pakai tangan, karena biasanya adonan jadi keras nantinya)
Setelah itu bulatkan adonan (pakai tangan), taruh di atas plastik yang lebar, bungkus, kemudian masukkan kulkas kurang lebih 30 menit
Keluarkan dari kulkas, gilas menggunakan penggilingan, cetak di loyang pie yang sudah di olesi margarin, tusuk tusuk sekelilingnya dengan garpu supaya ketika di panggang tidak menggembung
Oven dengan panas 180C sampai matang dan kuning keemasan. Saya biasanya sekitar 20-25 menit.


Vla Susu Pie
500ml susu
100gr gula pasir
2 kuning telur
30gr maizena
½ sdt vanili

Cara membuat :
Rebus 400 ml susu dengan gula,
Sisa susu taruh di wadah lain dan campur dengan kuning telur dan maizena dan vanili, aduk rata
Ketika rebusan susu sudah hangat, ambil 2 sendok sayur rebusan susu dan campur ke adonan susu+kuning telur+maizena, aduk rata, dan tuang kembali ke rebusan susu
Masak sampai matang dan mengental. Matikan api, dinginkan

Topping
Buah naga merah
Buah kiwi
Jeruk sunkist
Cherry merah

Penyajian
Keluarkan pie dari loyangnya, tuangkan vla, tata buah buahan di atasnya. Sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar