Sabtu, 24 Januari 2015

Mousse Avocado Cake

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillah....

Tergiur dengan tampilan yang menggoda sehingga membuat saya segera membuatnya. Apakah itu? Yup namanya mousse avocado cake. Tampilannya di salah satu blog yang maaf sekali lagi saya lupa namanya, membuat saya keesokan harinya langsung beli alpukat. Untuk bahan bahannya sendiri tidak begitu susah, hampir sama dengan bahan pembuatan tripple mousse cake sebelumnya. Begitu juga dengan cara pembuatannya, jadi tidak ada alasan untuk tidak membuatnya.

Untuk alas atau base cakenya, bisa menggunakan sponge cake cokelat resep andalan masing masing ya. Yang akan saya share ini adalah cara pembuatan mousse avocadonya, dan sebagai pemanisnya saya siram juga dengan coklat glaze hasil karangan saya, hahaha. Karena kalau tidak salah di resep aslinya tidak pakai coklat glaze. Bagi yang mempunyai resep mousse avocado ini, maaf jika saya menuliskannya lagi di blog, karena saya lupa mendapatkannya dari blog mana.

Mousse Avocado Cake

Bahan
1 lembar sponge cake coklat, potong bulat dengan ring cutter
Cup puding

Bahan mousse
400gr daging alpukat
100gr gula
100ml susu UHT
18gr gelatin
75ml air matang
300gr whipped cream (saya 100gr whipped cream bubuk + 200ml air es)
Pewarna hijau secukupnya

Coklat glaze
100gr DCC leleh + 2sdm susu UHT (campur rata)

Cara membuat
Blender daging alpukat, gula dan susu, hingga gula larut dan daging alpukat lembut
Steam gelatin sampai larut
Kocok whipped cream, campur adonan alpukat dan gelatin ke dalam kocokan whipped cream
Aduk rata, tambahkan pewarna hijau, aduk rata

Penyajian
Taruh selembar cake coklat di dalam cup puding
Tuang adonan mousse avocado di atasnya, bekukan di chiller kurang lebih 4 jam
Setelah 4 jam, keluarkan cake, tuang coklat glaze, tunggu hingga set, hias sesuai selera, hidangkan

Oke.... setelah saya membuatnya, saya mempunyai harapan tinggi akan rasanya. Tapi.... maaf sekali maaf, kok rasanya tidak sesuai dengan yang saya harapkan. Yang menolong dari mousse avocado ini adalah glaze coklatnya kalau menurut saya. Mousse avocadonya sendiri menurut saya hambar rasanya. Mungkin juga kesalahan di saya, yang tidak tepat memilih alpukatnya, tapi kalau kata saudara saya yang kurang adalah gulanya. Hmmmm next time, mungkin saya bisa mencobanya dengan menambahkan coklat putih leleh di dalam adonan moussenya. Bagi yang mau mencobanya silakan lho, bisa untuk referensi baking. Happy bakiiing.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar