Minggu, 18 Januari 2015

Rempeyek Rebon

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillah....


Siapa yang tidak suka peyek? Saya sih suka, baik itu peyek kacang maupun peyek teri atau peyek rebon. Selama ini saya dan mami selalu membeli peyek di mang peyek langganan setiap minggu. 3 peyek dihargai 10ribu rupiah. Padahal semua keluarga mami terkenal pintar masak peyek lho. Ya, mami ngaku sih karena dia anak bungsu, jadi tidak begitu bisa buat yang susah dan rumit, seperti peyek, lontong atau lemper, karena langsung di siapin sama kakak kakaknya. Lha? Jadi saya gimana dong, kan saya anak bungsu juga, hahahaha. Tapi masalahnya adalah diantara semua kakak dan kakak ipar, saya yang paling jago masak. Siapa dong yang mau siapin peyek buat saya? hehehe.

Back to peyek, nah tumben tumbenan beberapa hari yang lalu mami niat buat peyek setelah liat resepnya di buku resep yang di beli tahun 2008, lamaaaa beneeeer. Kacang sudah di beli, rebon sudah di beli, tepung beras sudah di beli, wah komplit deh pokoknya. Saya ngaku belum bisa buat, jadi saya liatin aja. “Jadi nih buat peyeknya?”, kata saya. “Jadi”, kata mami penuh tekad. “Oke, saya bantuin deh, ada yang bisa di bantu?”, tanya saya. “Ada.... ulekin bumbunya”, kata mami. Hahahaha, oke deh mom. Yuk ini resepnya, yang di buat rempeyek rebon ya.....

Rempeyek Rebon
Source : Buku Sedap Hidangan Sebulan Seri 5

Bahan
100gr tepung beras
½ sdm tepung sagu
250ml santan dari ½ butir kelapa (saya pakai kara yang di encerkan)
6 lembar daun jeruk, iris halus
1 kuning telur
25gr rebon
Minyak untuk menggoreng

Bumbu halus
3 siung bawang putih
2 butir kemiri
4cm kencur
½ sdt ketumbar
1 sdt garam

Cara membuat
Campur tepung beras, tepung sagu, santan, daun jeruk, kuning telur, dan bumbu halus, aduk rata
Panaskan minyak goreng. Ambil 1 sendok sayur adonan, tambahkan rebon, tuang ke sisi wajan
Siram siram dengan minyak panas sampai terlepas dari sisi wajan. Goreng sampai kering

Note : saya tidak semuanya memakai rebon, ada juga yang saya selingi dengan kacang tanah, jadinya peyek kacang


Setelah jadi, rasanya benar benar enak lho, terus mami juga pintar gorengnya, tidak terlalu tipis dan terlalu tebal. Setiap kali mami habis goreng peyeknya, langsung pindah ke mulut dan perut saya, hehehe, sampai saya di marahi. Tapi marah bercanda, mami senang karena liat saya doyan peyeknya, jadi sukses ceritanya dia bikin peyek. Siapa dulu yang ngulek bumbunya, sayaaaaaaa, hahahaha. Ini resep bisa di coba lho, karena saya cocok dengan resep ini. Happy cooking.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar